Menu
Sabtu, 18 November 2017
| Sumber Foto:Ruzady Adjis/Kabar Timur

KABARTIMUR.co.id, AMBON - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku saat ini boleh bernafas lega. Sebab, tunjangan kinerja yang awalnya hanya 53 persen, kini telah dinaikan oleh pemerintah pusat menjadi kurang lebih 80 persen.

Demikian disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI, Asman Abnur, saat meninjau langsung sistem pelayanan publik di Markas Polda Maluku, di kawasan Batu Gajah Ambon, Kamis (7/9).

“Tahun ini saya informasikan, Polri sudah menerima ada kenaikan tunjangan kinerja. Tadinya 53 persen sekarang sudah naik kalau tidak salah 80 persen. Termasuk Polda Maluku,” kata Menpan RB kepada wartawan, usai memantau tempat pelayanan publik di ruang SPKT Polda Maluku, kemarin.

Naiknya tunjangan kinerja, tambah Asman, diharapkan dapat memberikan motivasi kinerja kepolisian agar menjadi lebih baik lagi kedepan. Sebab, modal kemajuan suatu daerah, pertama dilihat dari tingkat keamanannya. “Investasi akan masuk jika wilayahnya kondusif. Jadi peran Polda dan tim forkopimda itu sangat penting,” terangnya.

Selain itu, tambah Menpan,pihaknya  akan terus mendorong pembangunan melalui penyediaan infastruktur yang dinilai masih kurang di Polda Maluku. Dia juga telah menyampaikan kepada Gubernur agar dapat memberikan suport.

“Ini belum setahun (setelah kenaikan tipe Polda), saya sampaikan kepada Gubernur dapat memberikan suport. Kalau urusan itu (tunjangan) saya cepat, agar memotivasi anggota lebih baik lagi. Kita dorong (pembangunan) terus, saya jamin perubahan itu pasti akan datang,” ujarnya.

Setelah naiknya status Polda Maluku menjadi tipe A, sambung Menpan, nampak terlihat berbagai perubahan yang terjadi saat ini. Bahkan, dia berharap jajaran Polda Maluku dalam hal ini Polres dapat menggulirkan program baru pemerintah yakni Polres Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

“Setiap provinsi sekarang ada program yang namanya Polres WBK, Wilayah Bebas Korupsi. Kita berharap di Maluku ada beberapa Polres yang bisa di nilai menjadi Polres WBK,” pintanya.

Terkait peningkatan status Polser Ambon menjadi Polresta Menpan mengaku masih dilakukan evaluasi. Bukan saja Polres Ambon, tapi ada beberapa Polres di jajaran Polda Maluku yang turut di evaluasi.

“Kita akan lakukan evaluasi terus. Ada beberapa Polres juga sedang kita evaluasi, apakah bisa dinaikan Polresta kedepannya. Termasuk Polda (Pembangunan Markas Polda Maluku yang baru) tadi saya sampaikan kepada gubernur untuk menyiapkan lokasi yang lebih besar lagi. (Kalau sudah ada) tinggal kita dorong,” tandasnya. (CR1)

BERITA LAINNYA

Mantan Kadis Infokom Disidang Berbelit-Belit

Rabu, 15 November 2017, 09:35 WIB

SU Pemain Proyek, Sebelum Tersandung Korupsi

Rabu, 15 November 2017, 00:47 WIB

PDIP Usung Pasangan "Kombinasi"

Rabu, 15 November 2017, 00:44 WIB

Informasi Tsunami, Warga MBD Mengungsi

Rabu, 15 November 2017, 00:42 WIB

Koruptor Kas Daerah SBB Dituntut Dua Tahun Bui

Rabu, 15 November 2017, 00:39 WIB

Haji Hayun TKBM Yos Sudarso Terancam Dilengserkan

Rabu, 15 November 2017, 00:38 WIB