Menu
Selasa, 24 April 2018
Ilustrasi | Sumber Foto:IST

KABARTIMUR.co.id, AMBON - Operasi Zebra yang menitik beratkan kepada seluruh kelengkapan kendaraan bermotor akan digelar serentak di Indonesia pada 1 November 2017, mendatang.

BAGI pengguna jalan raya di wilayah hukum Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, diharapkan dapat mempersiapkan seluruh kelengkapan kendaraan tanpa terkecuali. Pemeriksaan kelengkapan pengemudi maupun kendaraan bermotor itu akan berlangsung selama 14 hari kedepan.

Kasat Lantas Polres Ambon, AKP Muhammad Bambang Surya Wiharga mengimbau pengguna kendaraan bermotor untuk mempersiapkan semua kelengkapan. Jika tidak, Polisi Lalu Lintas tidak akan segan menindak tegas pengendara yang tidak memenuhi aturan lalu lintas.

Sasaran prioritas operasi Zebra tahun ini, yakni pelanggaran yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas dan kemacetan. “Kendaraan yang melawan arus lalu lintas dan melintas di bahu jalan akan langsung ditilang,” tegas Bambang di Ambon, Minggu (29/10).

Kendaraan yang menggunakan rotator selain diberikan hak penggunaan berdasarkan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, juga akan dikenakan sanksi. “Kami juga akan menilang kendaraan yang menggunakan plat nomor kendaraan tidak sesuai dengan spektek atau modifikasi dari pemilik kendaraan,” jelasnya.

Bambang menambahkan, pihaknya akan bertindak tegas kepada kendaraan yang tidak memiliki kelengkapan dokumen atau surat surat kendaraan, seperti SIM, STNK maupun BPKB.

“Pemeriksaan juga bagi pengendara yang tidak menggunakan helm stnadr SNI baik pengemudi maupun penumpang dan lampu utama. Untuk roda empat pemeriksaan soal penggunaan seat belt,” terangnya.

Menurutnya, operasi Zebra bertujuan untuk menciptakan kedisiplinan bagi masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya.

Selain itu, lanjut perwira tiga balak ini, operasi Zebra juga untuk mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. “Operasi Zebra ini juga untuk menurunkan fatalitas korban Laka lantas,” sebutnya. Dia berharap, dalam operasi ini timbul kesadaran serta peran aktif masyarakat sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas, serta menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan.

“Operasi juga untuk mewujudkan situasi kamseltibcar lantas menjelang perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 mendatang,” kunci Bambang. (CR1)

BERITA LAINNYA

Korupsi Panwaslu Buru “Naik Kelas”

Jumat, 13 April 2018, 01:14 WIB

MI Disambut Meriah di Banda

Jumat, 13 April 2018, 01:14 WIB

Oknum Rohaniawan Bejat Jadi Tersangka

Jumat, 13 April 2018, 01:14 WIB

Gubernur Ijinkan Polisi Periksa Jimmy Sitanala

Jumat, 13 April 2018, 01:14 WIB

Utut Adianto Bakal Perjuangkan Anggaran Maluku

Jumat, 13 April 2018, 01:14 WIB