Menu
Minggu, 19 November 2017
Said Assagaff

KABARTIMUR.co.id,AMBON - GUBERNUR Maluku Said Assagaff menyatakan, mayoritas warga di daerah ini telah memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) sehingga data pemilih Pilkada setempat 2018 jangan dipermasalahkan.

“Saya pun memiliki data tidak ada kendala yang berarti dalam proses perekaman data kependudukan dilaksanakan di sembilan kabupaten dan dua kota,” katanya di Ambon, Rabu (26/4).
Pernyataan Gubernur ini menindaklanjuti adanya kekhawatiran KPU Maluku mengenai dampak tidak baik jika banyak warga yang tidak memiliki E-KTP.

“Kita tidak ada masalah di kabupaten/ kota. Data kependudukan kan diambil dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) masing-masing kabupaten/kota,” ujarnya.
Menurut gubernur, sosialisasi kepemilikan E-KTP intensif dilaksanakan masing-masing kabupaten/kota sehingga kesadaran warga untuk memiliki data kependudukan resmi relatif tinggi.

“Beberapa waktu lalu di masing-masing Disdukcapil kehabisan blangko E-KTP. Namun, kegiatan perekaman data tetap dilaksanakan sehingga blangko telah dikirimkan pemerintah pusat, maka pencetakan E - KTP kembali diintensifkan Disdukcapil,” kata Gubernur.

Dia juga mengingatkan bahwa bila saat Pilkada Maluku 2018 ternyata warga belum memiliki E-KTP, bisa meminta keterangan kependudukan di masing-masing ketua RT, selanjutnya disahkan kepala desa maupun lurah.

“Memiliki bukti kependudukan yang tertanggung jawab bila ada keterangan resmi dengan tetap berusaha mengurusi E-KTP di masing-masing Disdukcapil,” tandas Gubernur.
Pilkada serentak jilid III tahun 2018, yakni pemilihan Gubernur dan Wagub Maluku, Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tual. (KT/RUZ)

BERITA LAINNYA

Mantan Kadis Infokom Disidang Berbelit-Belit

Rabu, 15 November 2017, 09:35 WIB

SU Pemain Proyek, Sebelum Tersandung Korupsi

Rabu, 15 November 2017, 00:47 WIB

PDIP Usung Pasangan "Kombinasi"

Rabu, 15 November 2017, 00:44 WIB

Informasi Tsunami, Warga MBD Mengungsi

Rabu, 15 November 2017, 00:42 WIB

Koruptor Kas Daerah SBB Dituntut Dua Tahun Bui

Rabu, 15 November 2017, 00:39 WIB

Haji Hayun TKBM Yos Sudarso Terancam Dilengserkan

Rabu, 15 November 2017, 00:38 WIB