Menu
Sabtu, 23 Juni 2018
IST

KABARTIMUR.co.id,AMBON- Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Ambon Music Office (AMO) mengidentifikasi ciri khas musik Ambon sebagai perwujudan Ambon menuju Kota Musik Dunia. Kasubdit Advokasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Bekraf Muhammad Fauzi, Sabtu menyatakan, identifikasi musik penting untuk mengetahui ciri khas musik Ambon.

“Setiap kota musik dunia memiliki ciri khas masing-masing, karena itu penting bagi kita melaksanakan diskusi terumpun untuk mengidentifikasi musik Ambon benar ada atau tidak,” katanya di Ambon, Sabtu.

Menurut dia, identifikasi musik Ambon tidak sekedar memainkan musik dengan lirik daerah bisa disebut musik ciri Ambon, tetapi bagaimana mendorong para musisi bersama pemerintah dan masyarakat untuk bersama melakukan identifikasi.

Upaya identifikasi dilakukan dengan beberapa cara seperti melihat, mencatat, mencermati, mendengarkan dan memahami segala seluk beluk yang menyertai jenis karya musik daerah.

“Diskusi terumpun ini kita mengundang pakar etnomusi kologi Mauly Purba dari Universitas Sumatera Utara (USU) untuk memberikan masukan yang penting, apa yang harus dilakukan terkait identifikasi itu apakah benar ada atau tidak.” katanya.

Ia menyatakan, hasil diskusi ini nantinya akan dilihat lagi apakah musik Ambon yang menjadi ciri khasnya apakah musik tradisi ataukah akan dicampurkan dengan musik modern.

“Musik Ambon yang nantinya menjadi ciri khas ini tradisional ataukah nanti akan melangkah ke tahap berikutnya yakni terjadi percampuran musik modern, hasilnya masih akan diteliti kita berharap mendapatkan hasil yang terbaik bagi ciri musik Ambon,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Ambon Henry Sopacua menambahkan, proses identifikasi musik Ambon menjadi kerja ekstra Pemkot dan Ambon Music Office (AMO).

“Kita sadari dalam perkembangannya hampir tidak ada orang yang melakukan dokumentasi musik dari zaman ke zaman, sehingga perlu dilakukan tahapan untuk meneliti ciri khas musik Ambon, karena tidak musik itutidak dilihat dari kata-kata lagu tetapi dari jiwa seperti melody, rhytm yang nantinya akan jadi ciri khas,” katanya.

Ia mengakui, menemukan ciri khas musik Ambon disadari tidak bisa ditentukan begitu saja, tetapi butuh proses kajian riset terhadap musik Ambon itu sendiri. “Kita berharap masukan yang disampaikan oleh pakar musik, musisi dan komunitas musik di Ambon dilanjutkan dengan kajian sehingga didapatkan ciri khas menuju Ambon kota musik dunia versi Unesco,” tandas Henry.
(AN/KT)

BERITA LAINNYA

Desak BK “Adili’’ Huwae & RR

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Usut Repo Fiktif, Kejati Dinilai Asal-Asalan

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Tiga Tahun Beruntun Malra Raih WTP

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Sering Mati Lampu, PMKRI Demo PLN

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Kades-Bendahara Jadi Terdakwa

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Tiga Warga Debut Tewas Dibunuh

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB