Menu
Sabtu, 26 Mei 2018
Kodam Pattimura

KABARTIMUR.co.id,AMBON- Kapal Harapan Baru yang berlayar menuju Makassar nyaris tenggelam di selat Pulau Moa dan Lakor Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD). 

Air memasuki kapal bermuatan rumput laut itu setelah terombang ambing selama dua hari akibat mesin kapal rusak. 

Beruntung 8 Anak Buah Kapal (ABK) Harapan Baru berhasil diselamatkan Serda Batmomolin, Babinsa Desa Moain Kecamatan Moa, MBD.

Anggota TNI itu melakukan pertolongan setelah mendapat informasi dari seorang nelayan, Selasa (16/1) pagi. Aksi penyelamatan yang dilakukan anggota Koramil 1507-04/Serwaru, Kodim 1507/Saumlaki ini dibantu dua warga setempat. 

Mereka menuju TKP yang berjarak sekitar 41 mil menggunakan KMC Komando yang dinahkodai Pratu Ibrahim, Praka Giyanto dan Pratu Yulius.

Evakuasi kapal dilakukan pada siang hari. Alhasil, 8 ABK kapal naas itu dinyatakan selamat setelah berhasil ditarik menggunakan KMC Komando menuju pesisir pantai Tunyeru Desa Moain. Komandan Kodim (Dandim) 1507/Saumlaki, Letkol Inf Ryan Heryawan mengatakan, kapal tersebut tak dapat melanjutkan perjalanan akibat mesinya rusak. Saat kejdian, air laut mulai masuk ke dalam kapal. 

Kapal Harapan Baru mengalami gangguan mesin setelah berlayar pada Minggu (14/1) pukul 10.00 WIT, mengangkut rumput laut.

Kapal bertolak dari Pulau Luang Barat hendak menuju Makassar, Sulawesi Salatan. Kapal dinahkodai Idris beserta 7 ABK. Naas terjadi tepat di Selat Lakor dan Moa. Mesin alkon atau penyedot air macet menyebabkan kapal bocor sehingga air laut masuk mengenai mesin. Alhasil, mesin kapal kayu itu tidak berfungsi.

“Berkat kecepatan tindakan yang diambil oleh Serda Batmomolin, kapal tersebut dapat diselamatkan beserta 8 ABK,” kata Heryawan, Rabu (17/1).

Idris, Nakoda Kapal Harapan Baru bersyukur dan menyampaikan terima kasih kepada Babinsa Serda Batmomolin beserta masyarakat Desa Moain.

“Saya sangat berterimakasih kepada Bapak Batmomolin beserta anggotanya dan juga masyarakat Moain yang telah menolong saya dan 7 orang ABK dengan menggunakan KMC Komando,” ujar Idris. Saat ini posisi Kapal Harapan Baru masih berada di Pantai Tunyeru, Desa Moain, Kecamatan Moa. 

Kapal masih menunggu suku cadang yang akan dikirim pihak perusahaan untuk dilakukan perbaikan. (CR1)

BERITA LAINNYA

Ini Jadwal Mudik Lebaran Gratis di Maluku

Sabtu, 26 Mei 2018, 00:26 WIB

Dihadang, Demo HMI Sempat Ricuh

Sabtu, 26 Mei 2018, 00:26 WIB

Dua Spesialis Jambret di Ambon Ditangkap

Sabtu, 26 Mei 2018, 00:26 WIB

PDIP Malra Konsolidasi, Gelar Raker Diperluas

Sabtu, 26 Mei 2018, 00:26 WIB