Menu
Selasa, 20 Pebruari 2018
IST

KABARTIMUR.co.id,AMBON - Satu unit truk sarat muatan kopra, terjun bebas ke dalam jurang di Dusun Pohon Batu Desa Sanahu Kecamatan Teluk Elpa Putih Kabupaten Maluku Tengah. 

Farmin, kernet truk naas itu langsung meregang nyawa. Aswat, sopir truk dan Alvian yang juga seorang kernet mengalami luka.

Kecelakaan lalu lintas tunggal pada Selasa (16/1) pagi, ini diduga akibat rem truk berwarna biru itu  mengalami kerusakan hingga tak berfungsi alias blong. 

Akibat rem blong, Aswat tak mampu mengandalikan truk hingga menabrak pembatas jalan dan langsung terjun bebas ke jurang setinggi kurang lebih 15 meter. Masuk jurang, seluruh badan dan bak truk hancur.

Kapolsek Teluk Elpaputih, Ipda Julkisno Kaisupy mengungkapkan, insiden maut itu pertama kali diketahui seorang nelayan Dusun Pohon Batu yang hendak melaut. Saksi mendengar dentuman suara keras dari arah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Penasaran dengan bunyi itu, nelayan ini membatalkan niatnya untuk mencari ikan di laut. Dia pulang dan menceritakan kepada warga dan perangkat Dusun Pohon Batu. Mendengar penuturan nelayan tersebut sejumlah warga menuju ke TKP. Warga kaget melihat besi pembatas jalan terlepas. 

“Kompanger mobil serta serpihan kaca berhamburan di badan jalan,” kata Kapolsek.

Setelah dicari-cari, warga menemukan truk naas itu berada di dasar jurang. Depan truk terlihat mengarah ke laut. Sejumlah warga berteriak untuk memastikan apakah ada orang atau tidak. Teriakan warga dijawab sopir truk. Dia membalasnya dengan teriakan minta tolong. 

Warga turun ke dasar jurang mengevakuasi 3 orang korban yang merupakan warga Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah. Berhasil mengevakuasi korban, warga menghubungi aparat kepolisian untuk meminta bantuan agar dapat menarik bangkai truk tersebut. 

“Setelah menerima laporan warga kami bersama anggota Satgas BKO menuju lokasi kejadian dan membantu warga menarik dan mengevakuasi truk,” jelasnya.

Dua korban luka sempat menjalani perawatan medis di Puskesmas Elpa Putih, Kabupaten Seram Bagian Barat. Sementara seorang korban yang meninggal telah dibawa ke rumah duka di Masohi. 

Aswat, sopir mengatakan, truk yang dikemudikannya membawa hasil kopra dari Masohi untuk dijual ke Kota Ambon. Dalam perjalanan menuju pelabuhan penyeberangan di Desa Waipirit Kecamatan Kairatu, SBB tiba tiba rem truk blong hingga akhirnya masuk jurang di Dusun Pohon Batu. (CR1)

BERITA LAINNYA

Maluku Protes Saham Blok Masela Dibagi ke NTT

Senin, 19 Pebruari 2018, 23:36 WIB

Satu Pria “Bertopeng” Ditembak Polisi

Senin, 19 Pebruari 2018, 23:36 WIB

Ada Pembiaran di Gunung Botak

Senin, 19 Pebruari 2018, 23:36 WIB

PDIP Maluku “Pecah” Tiga Kubu

Senin, 19 Pebruari 2018, 23:36 WIB

Novum Perkara Darmo 51, Tidak Ada Markup

Senin, 19 Pebruari 2018, 23:36 WIB