Menu
Sabtu, 26 Mei 2018
IST

KABARTIMUR.co.id,AMBON-Pasangan calon Murad Ismail-Barnabas Orno dikabarkan menggunakan isu-isu cerdas guna meraup dukungan pemilih. Salah satunya isu pemindahan ibukota Provinsi Maluku ke Makariki.

Isu ini kabar baik bagi masyarakat Pulau Seram, jika terwujud. Di lain sisi bagi paslon dengan tagline BAILEO ini, pemindahan ibukota yang pernah digadang-gadang oleh Gubernur Karel Albert Ralahalu itu akan berdampak luas bagi Maluku.

Juru bicara paslon BAILEO Azis Tuny kepada Kabar Timur menjelaskan, pemindahan ibukota ke wilayah Makariki di Kabupaten Maluku Tengah merupakan rencana strategis paslon Murad Ismail-Barnabas Orno. 

“Ini membuka akses yang lebih besar bagi seluruh dataran pulau Seram untuk berkembang pesat,” katanya kepada Kabar Timur, Rabu, kemarin. 

Sementara Kota Ambon menjadi kota perdagangan dan pendidikan. Karena Pelabuhan Yos Sudarso akan menjadi pintu gerbang utama ekspor impor untuk Maluku. Tol laut yang dirintis pemerintah pusat semakin terfokus di daerah ini. 

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Maluku menggadang-gadang Makariki sebagai ibukota yang baru. Tapi rencana Gubernur Karel Albert Ralahalu ini kandas, seiring dengan berakhirnya periode pemerintahan gubernur ini.

Azis Tuny menyatakan, rencana pemindahan ibukota tersebut menjadi program utama paslon BAILEO jika nanti terpilih. Layak direalisasikan, apalagi Ketua Tim Pemenangan BAILEO adalah Karel Albert Ralahalu sendiri.

“Itu merupakan kontrak politik antara BAILEO dengan Pak Karel yang merupakan tokoh sentral PDIP Maluku,” kata Azis.

Karena ingin menjadikan Provinsi Maluku pesat dalam pertumbuhan ekonomi, paslon BAILEO, kata dia, akan fokus pada sisi penegakan hukum dan pembinaan kambtibmas. Selaku mantan Dankakor Brimob RI dan kini menjabat analis khusus strategi satuan elit Polri itu, Murad Ismail punya kemampuan di bidang ini. 

“Karena investasi butuh kepastian hukum dan kambtibmas. Dua hal ini yang diminta oleh investor yang ingin menanamkan modal di Maluku,” katanya.(KTA)

BERITA LAINNYA

Ini Jadwal Mudik Lebaran Gratis di Maluku

Sabtu, 26 Mei 2018, 00:26 WIB

Dihadang, Demo HMI Sempat Ricuh

Sabtu, 26 Mei 2018, 00:26 WIB

Dua Spesialis Jambret di Ambon Ditangkap

Sabtu, 26 Mei 2018, 00:26 WIB

PDIP Malra Konsolidasi, Gelar Raker Diperluas

Sabtu, 26 Mei 2018, 00:26 WIB