Menu
Kamis, 24 Mei 2018
Ilustrasi

KABARTIMUR.co.id,AMBON – Simpatisan Republik Maluku Selatan (RMS) masih saja berulah. Buktinya, bendera separatis RMS ditemukan di perairan laut Negeri Hulaliu, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (23/4).

Bendera benang raja itu ditancapkan ke ranting pohon sagu atau gaba-gaba yang dirakit. Rakit berisi bendara terlarang itu ditemukan hanyut terbawa arus laut.
Belum diketahui siapa orang yang sengaja mengibarkan bendera warna Merah Putih Hijau Biru itu hingga ditemukan warga di depan Hulalui. Tapi kuat dugaan, bendera tersebut sengaja dibuat oleh simpatisan yang masih setia terhadap organisasi terlarang itu.

Bendera RMS ditemukan seorang warga Hulaliu saat melintas di tepi pantai. Dia melihat bendera sekitar 20 meter dari bibir pantai. Mendapati bendera separatis itu, warga tersebut melaporkan ke pemerintah Negeri Hulaliu.

“Saat memberitahukan penemuannya, bendera itu diambil dan diamankan oleh staf pemerintah negeri. Bendera sudah diserahkan ke aparat setempat,” ungkap sumber Kabar Timur, kemarin.
Ditemukannya bendera RMS ini bertepatan dengan dikerahkannya 475 personel Polda Maluku dalam operasi Merah Putih Siwalima 2018 di Lapangan Letkol (Purn) CHR Tahapary, Senin (23/4).

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. Muhamad Roem Ohoirat mengungkapkan,  bendera RMS itu sengaja dimunculkan untuk mendapat perhatian publik dan menjadi pemberitaan. Dengan diberitakan media, pihak luar akan tahu bahwa RMS masih eksis di Maluku.

“Bisa karena iseng, bisa juga karena sengaja dilakukan untuk mendapat pemberitaan. Dengan demikian menunjukan kepada pihak luar tentang eksistensi mereka. Untuk itu mohon pengertian dari rekan-rekan, karena yang mereka inginkan hanyalah agar kegiatan mereka diliput, jadi mohon kerjasama dari rekan-rekan media (tidak usah dibesar-besarkan),” kata dia. (CR1)

BERITA LAINNYA

Korupsi Speedboat BPJN, PPK Diperiksa Jaksa

Kamis, 24 Mei 2018, 00:00 WIB

Dukung Adam Rahayaan Satu Kades “Korban”

Kamis, 24 Mei 2018, 00:00 WIB

Sekda SBB Dicecar 33 Pertanyaan

Kamis, 24 Mei 2018, 00:00 WIB

Pekan Depan Wali Kota Dipriksa

Kamis, 24 Mei 2018, 00:00 WIB

19 Rumah Dieksekusi Paksa

Kamis, 24 Mei 2018, 00:00 WIB

Cekcok, Suami Bacok Istri

Kamis, 24 Mei 2018, 00:00 WIB