Menu
Minggu, 19 November 2017

KABARTIMUR.co.id,MALUT - Ternate, - DPRD Kota Ternate, Maluku Utara mendorong pengembangan bank sampah di Ternate, dengan penyediaan sarana infrastruktur memadai dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Potensi kawasan Ngade untuk mengembangkan bank sampah yang difasilitasi masyarakat dan harus mendapat dukungan dari pemerintah setempat,” kata anggota DPRD Kota Ternate, Junaidi Bahruddin di Ternate, Minggu.

Dia mengatakan, warga di kawasan Ngade punya kesadaran masyarakat cukup luar biasa tentang menjaga kebersihan lingkungan, namun, minim fasilitas dan tidak ada perhatian pemerintah membantu masyarakat Ngade untuk kembangkan bank sampah.

Sebab, pemerintah tidak mendukung Ngade kembangkan bank sampah dan tidak ada perhatian bantu masyarakat Ngade untuk bank sampah, padahal sudah dikoordinasikan ke dinas teknis agar mereka didukung sarana prasarana persampahan.

Junaidi mengakui, saat melakukan reses dalam menyerap aspirasi masyarakat dan merekam apa yang menjadi kebutuhan masyarakat Kelurahan Ngade untuk kemudian menyampaikan ke pemerintah daerah Kota Ternate melalui rapat paripurna.

“Ngade merupakan salah satu kelurahan yang berprestasi sampai di tingkat Nasional dan seharusnya perlu mendapat prioritas dari pemerintah baik dari sisi anggaran maupun kebijakan-kebijakan lain melalui dinas-dinas teknis terkait lain,” katanya.

Junaidi memberikan contoh, salah satu potensi kelurahan Ngade mengembangkan bank sampah yang sekarang ini baru akan dikembangkan, sebab, bank sampah tersebut sudah berjalan tapi butuh penanganan yang lebih serius, bahkan masyarakat beserta Lurah berinisiasi adanya bank sampah.

“Jadi secara swadaya Lurah kemudian menggerakan beberapa tokoh masyarakat dan aparat kelurahan untuk memfasilitasi masyarakat di kelurahan Ngade agar tidak buang sampah di sembarang tempat termasuk di barangka mati da sampah-sampah plastic dikumpul dan dibeli aparat kelurahan yang nanti di bawa ke pengumpul,” katanya.

Dia menyatakan, adanya semangat masyarakat, maka kelurahan berhasil memfasilitasi masyarakat untuk punya kesadaran pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan potensi kelurahan ini juga harus menjadi contoh bagi kelurahan-kelurahan lain di Kota Ternate. (AN/KT)

Sumber : (AN/KT)
BERITA LAINNYA

Mantan Kadis Infokom Disidang Berbelit-Belit

Rabu, 15 November 2017, 09:35 WIB

SU Pemain Proyek, Sebelum Tersandung Korupsi

Rabu, 15 November 2017, 00:47 WIB

PDIP Usung Pasangan "Kombinasi"

Rabu, 15 November 2017, 00:44 WIB

Informasi Tsunami, Warga MBD Mengungsi

Rabu, 15 November 2017, 00:42 WIB

Koruptor Kas Daerah SBB Dituntut Dua Tahun Bui

Rabu, 15 November 2017, 00:39 WIB

Haji Hayun TKBM Yos Sudarso Terancam Dilengserkan

Rabu, 15 November 2017, 00:38 WIB