Menu
Minggu, 25 Pebruari 2018
IST

KABARTIMUR.co.id,Ternate- Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar rapat pleno untuk memutuskan tiga dari 13 nama bakal calon (Balon) Gubernur yang akan diajukan ke DPP partai politik besutan Surya Paloh itu.

"Tiga dari lima bakal Calon Wakil Gubernur (Cawagub) juga dibahas untuk diusulkan ke DPP," kata Anggota penjaringan DPW NasDem Malut, Asghar Saleh di Ternate, Selasa.

Dia mengatakan, usulan ini dilakukan setelah tiga kali pleno, yakni pada Selasa (25/7) hingga Sabtu (29/7) tidak melahirkan satupun keputusan, sehingga disepakati untuk berkonsultasi ke DPP.

"Plenonya berujung pada lima nama bakal calon gubernur. Untuk memutuskan tiga dari lima namanya inilah berlangsung alot, maka, diputuskan, Ketua DPW (Ishak Naser) akan berkonsultasi ke DPP untuk mencari solusi terkait usulan tiga nama itu," katanya.

Menurut Asghar, lima nama Bacagagub yang akan dikonsultasikan ke DPP di antaranya Abdul Gani Kasuba (AGK), Ahmad Hidayat Mus (AHM), Burhan Abdurachman, Rudy Erawan dan Achmad Hatari.

"Dari pleno yang berkembang, mereka dinilai layak secara kapasitas dan kapabilitas yang sama untuk diusung menjadi Calon Gubernur sehingga sulit untuk diputuskan tiga nama siapa-siapa saja yang akan dipilih,? ujarnya.

Menurutnya, belum ada keputusan final, maka lima nama tersebut akan dikonsultasikan ke DPP untuk diputuskan, karena sekembali Ketua DPW setelah berkonsultasi, pleno akan dilanjutkan untuk memutuskan tiga nama yang akan dikirim ke DPP untuk tahap penggodokan final melalui mekanisme survey dan lainnya sehingga diputuskan siapa yang akan diusung NasDem pada Pilgub nanti.

Dia mengakui, Partai NasDem secara politis menilai hingga saat ini belum ada calon yang telah memastikan secara resmi jadi bakal calon dengan mengantongi dukungan sembilan kursi di DPRD Provinsi sesuai ketentuan Undang-Undang, hingga seluruh calon pun sulit untuk diputuskan.

"Jadi, hitungan politisnya sangat cair, apapun hasil konsultasi dengan DPP terkait tiga nama, akan menjadi keputusan DPW nanti. Konsultasi dengan DPP sendiri direncanakan pekan depan dan semoga ada hasilnya nanti," katanya. (AN/KT)

Sumber : ANTARA
BERITA LAINNYA

KPU Maluku “Bidik” Kelompok Marjinal

Jumat, 23 Pebruari 2018, 00:25 WIB

Oknum TNI Ngamuk di Bandara Pattimura

Jumat, 23 Pebruari 2018, 00:25 WIB

Yunus Serang “Diserang” Isu Dana Abadi

Jumat, 23 Pebruari 2018, 00:25 WIB

452 Pulau di Maluku Belum Miliki Nama

Jumat, 23 Pebruari 2018, 00:25 WIB

Idris Rolobessy: Ini Kriminalisasi!

Jumat, 23 Pebruari 2018, 00:25 WIB

Pembuat Ijazah Palsu Divonis 5 Tahun

Jumat, 23 Pebruari 2018, 00:25 WIB