Menu
Rabu, 24 Januari 2018
IST

KABARTIMUR.co.id,TERNATE - Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara akan fokus memprioritaskan penyelesaian tapal batas antara Kabupaten Halmahera Timur dan Halmahera Tengah agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

"Memang, ada kesepakatan soal tapal batas wilayah antara Halmahera Timur dengan Kabupaten Halmahera Tengah sudah selesai dan berdasarkan keputusan batas yang ditetapkan oleh Sultan Tidore Hisain Sjah, tetapi Pemkab Halmahera Timur hingga kini belum menerima keputusan Sultan Tidore tersebut bahkan belum juga ada hasil penetapannya," kata Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara, di Ternate, Minggu.

Edi Langkara yang baru dilantik 23 Desember 2017 oleh Mendagri melalui SK Presiden Nomor: 131.82-3130 tahun 2017 itu mengaku akan menjadikan sebagai program utama setelah dilantik menjadi Bupati definitif di Kabupaten Halmahera Tengah.

Edi Langkara mengatakan, masalah tapal batas tersebut selain sempat menelan korban warga setempat juga terdapat perselisihan hukum, sehingga dirinya mengaku akan menyelesaikannya sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Pihaknya akan melakukan pendekatan secara kekeluargaan dan budaya kepada masyarakat terutama masyarakat Patani dan masyarakat Kecamatan Maba Selatan.

"Kami juga mengundang Sultan dan bersilaturahmi dengan Sultan karena negeri adat ini tidak terlepas dari Kesultanan Tidore," katanya lagi.

Dia menegaskan, selaku warga negara yang baik tetap tunduk dan patuh terhadap undang-undang yang berlaku, sehingga apa pun putusan terkait tapal batas tersebut jika berdasarkan dengan undang-undang warga tetap akan menerimannya.

"Asalkan saja kita bisa menyampaikannya kepada mereka dengan baik dan terbuka, sehingga warga bisa menerima itu," katanya lagi.

Sebelumnya, masalah tapal batas di Maluku Utara sempat memicu konflik antarwarga enam desa berbatasan dengan Kabupaten Halmahera Utara dan Halmahera Barat. (AN/KT)

BERITA LAINNYA

Perintah Hitung Manual La Alwi “Masuk Angin”

Rabu, 24 Januari 2018, 05:13 WIB

Pemuda Watdek Tewas Tenggelam

Rabu, 24 Januari 2018, 05:13 WIB

Perebutan Wilayah di Bursel, 2 Luka Berat

Rabu, 24 Januari 2018, 05:13 WIB

Pemeriksaan Amir Gaus Cs Belud Tuntas

Rabu, 24 Januari 2018, 05:13 WIB

Panca Karma Terancam “BANGKRUT”

Rabu, 24 Januari 2018, 05:13 WIB

Penyidikan Kasus Korupsi Bob Berlanjut

Rabu, 24 Januari 2018, 05:12 WIB