Menu
Rabu, 25 April 2018
IST

KABARTIMUR.co.id,TERNATE, - Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba berharap stabilitas keamanan dapat berjalan dengan aman dan damai terutama tahapan Pilkada Malut karena adanya kesadaran masyarakat dalam momentum lima tahunan tersebut.

"Memang Pilkada Malut memiliki sejarah yang buruk dengan melahirkan konflik sangat panjang seperti pada tiga pilkada tahun 2002, 2007 hingga 2012," katanya, di Ternate, Minggu.

Karena itu, dirinya mengharapkan agar semua pihak berperan aktif dalam menjaga keamanan, salah satunya menghindari fitnah dan provokasi yang bisa melahirkan konflik.

Selain itu, dirinya mengingatkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk tetap menjaga netralitas dengan tidak mendukung secara terang-terangan terhadap kandidat gubernur/wakil gubernur tertentu.

"Kalau ada ASN yang mencoba-coba terlibat dalam politik praktis selama pelaksanaan tahapan pilkada pasti mendapatkan sanksi tegas," ujarnya.

Sebelumnya, ada tujuh pejabat ASN Pemkot Ternate itu telah menjalani proses pemeriksaan dan sebagian di antaranya mengakui tidak sengaja bersama-sama konvoi tersebut saat di jalan raya dalam penjemputan pasangan bakal calon gubernur/wakil gubernur Malut Burhan Abdurahman/Ishak Djamaluddin.

Ditanya mengenai rencananya maju dalam pilkada, mantan anggota DPR-RI Malut ini mengakui optimistis untuk bisa maju pada Pilkada Malut 2018, walaupun PKS dan PAN telah mencabut rekomendasi dukungan untuk dirinya maju dalam pilkada ini.

"Saya optimistis untuk bisa maju karena saya sudah melakukan lobi ke sejumlah parpol seperti PDI Perjuangan, Gerindra, PKB, dan Partai Demokrat saat ini belum menentukan calon," katanya.

Dia menyatakan, meskipun PKS-PAN telah mengalihkan dukungan ke pasangan Muhammad Kasuba-Madjid Husen, tetapi dengan adanya sejumlah parpol yang belum menyatakan sikap mendukung pasangan tertentu, memberikan harapan untuk maju dalam pilkada.

Dirinya tidak akan gentar meskipun pasangan lain Muhammad Kasuba yang juga adik kandungnya, tetap maju didukung PKS-PAN dalam pilkada.

Untuk mendapatkan dukungan, Abdul Gani Kasuba setelah menjalankan tugas-tugasnya, langsung kembali ke Jakarta untuk melobi berbagai parpol agar dapat diusung dalam pilkada nanti.

Gani Kasuba juga menyatakan telah melakukan lobi ke Partai Golkar, walaupun partai itu telah menetapkan Ahmad Hidayat Mus sebagai calon gubernur yang diusung pada Pilkada Malut 2018. (AN/KT)

BERITA LAINNYA

Bendera RMS Ditemukan di Pantai Hulaliu

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB

Tim Reskrimsus Geledah Kantor Bupati Buru

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB

Hari Ini KPU Tetapkan DPT Pilgub

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB

Divonis 5 Tahun, Narapidana Dirawat di RSJ

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB

Bos “Remaja Indah” Dihukum Bayar Pesangon

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB

Ini Tiga Kabupaten Penunggak Raskin Terbesar

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB