Menu
Kamis, 24 Mei 2018
IST

KABARTIMUR.co.id,TERNATE – Ben­­teng Tolukko yang di­kenal juga de­ngan nama ben­te­ng Hollandia me­­rupa­kan salah satu ben­teng pening­ga­­lan Portugis ya­ng ma­sih ter­peli­hara deng­an baik. Hal itu terlihat dari bu­nga dan tana­man hijau yang ter­­dapat di kanan kiri tangga menuju ben­teng yang me­nambah cantik benteng.

Benteng ini terletak di Ke­lu­rahan Toloko, Ke­­­ca­­matan Ternate Uta­­­ra, Kota Ter­na­te. Benteng To­luk­­ko dibangun oleh Fran­­cisco Se­rao, se­orang pang­lima Por­tugis pa­da ta­hun 1540 ya­ng ke­mu­dian direno­vasi oleh Pieter Both dari Belanda pa­da tahun 1610.

Benteng ini ter­­letak di atas bu­kit batu karang sehingga mudah untuk mengawasi kegiatan Sultan Ternate dari ketinggian. Benteng ini dahulunya juga digunakan untuk menghalau musuh yang akan merebut Ternate dari Portugis.

Ada yang menyebutkan bahwa nama benteng ini diambil dari nama penguasa kesepuluh dari singgasana Ternate, Kaicil Tolukko. Benteng ini terletak tidak jauh dari Bandara Sultan Baabullah Ternate. Sehingga, ketika sampai di bandara ataupun saat akan pulang menuju bandara kita bisa mampir ke sini.

Terdapat tempat parkir kecil di depan benteng yang muat beberapa mobil saja. Memasuki kawasan utama benteng, kita terlebih dahulu harus menemui penjaga di rumah yang terletak di bagian muka benteng agar dibukakan kunci.

Menurut sang penjaga kunci, benteng ini tidak selalu dibuka agar tempat ini tetap terjaga dengan baik. Setelah selesai berfoto dan menikmati keelokan benteng ini, kita dapat memberikan sumbangan seikhlasnya. Ke Ternate, benteng ini tidak boleh dilewatkan. (dtc)

BERITA LAINNYA

Korupsi Speedboat BPJN, PPK Diperiksa Jaksa

Kamis, 24 Mei 2018, 00:00 WIB

Dukung Adam Rahayaan Satu Kades “Korban”

Kamis, 24 Mei 2018, 00:00 WIB

Sekda SBB Dicecar 33 Pertanyaan

Kamis, 24 Mei 2018, 00:00 WIB

Pekan Depan Wali Kota Dipriksa

Kamis, 24 Mei 2018, 00:00 WIB

19 Rumah Dieksekusi Paksa

Kamis, 24 Mei 2018, 00:00 WIB

Cekcok, Suami Bacok Istri

Kamis, 24 Mei 2018, 00:00 WIB