Menu
Sabtu, 23 Juni 2018
Illegal logging

KABARTIMUR.co.id, JAYAPURA - Gubernur Papua Lukas Enembe me­mberi “warning” atau peringatan kepada ka­bupaten/kota di wilayahnya yang masih marak dengan kasus penebangan liar untuk se­gera ditertibkan.

“Memang tidak semua ka­bupaten ada ‘illegal logging’ tetapi saya in­gatkan untuk beberapa ka­bupaten seperti Nabire yang dikarenakan izin-izin yang diberikan ini tumpang ti­ndih,” katanya di Jayapura, Jumat.

Menurut Lukas, ber­dasarkan Peraturan Pe­merintah Nomor 18 tahun 2016 tentang Organisasi Pe­rangkat Daerah (OPD), maka se­gala kebijakan maupun izin-izin saat ini tidak lagi di­keluarkan oleh bupati/wali kota tetapi dikeluarkan gubernur.

“Mulai kini pemberian izin seperti pertambangan mau­pun investasi lainnya men­jadi kewenangan dari pro­vinsi, bahkan pihaknya ber­­janji untuk memperketat pe­rizinan terhadap investasi kelapa sawit,” ujarnya.

Dia menjelaskan pasalnya be­berapa perusahaan kelapa sawit diduga melakukan pe­m­bakaran hutan, padahal pi­haknya berkomitmen untuk men­jaga hutan Papua.

“Kami berharap agar se­mua pihak menghargai ko­mitmen untuk tetap menjaga dan melestarikan hutan Papua yang notabene men­jadi paru-paru dunia,” katanya lagi.

Dia menambahkan se­mua pihak harus mencegah ter­jadi­nya penebangan liar, di mana harus mencegah pem­babatan hutan secara ilegal, ka­rena ini berdampak buruk ter­hadap hutan Papua.

“Oleh sebab itu, kami mi­nta bupati berkoordinasi jika ada permintaan pengurusan izin, karena gubernur yang ber­wenang keluarkan izin,” ujarnya lagi. (AN/KT)

Sumber : ANTARA
BERITA LAINNYA

Desak BK “Adili’’ Huwae & RR

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Usut Repo Fiktif, Kejati Dinilai Asal-Asalan

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Tiga Tahun Beruntun Malra Raih WTP

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Sering Mati Lampu, PMKRI Demo PLN

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Kades-Bendahara Jadi Terdakwa

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Tiga Warga Debut Tewas Dibunuh

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB