Menu
Selasa, 23 Januari 2018

KABARTIMUR.co.id, AMBON - Hari ini sesuai rencana, pengumu­man hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer untuk SMA/SMK/MA disampaikan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pro­vinsi Maluku menyatakan, secara kualitas hasil ujian nasional tersebut me­ning­kat tahun ini yang tampak dari Daftar kolektif Hasil Ujian Nasional (DKHUN) Tahun 2017.

“Untuk Provinsi Maluku pro­sen­tase kelulusan meningkat. Dari urutan 32 pada tahun 2016, tahun ini naik ke urutan ke-28,” ungkap Ketua Panitia UNBK Provinsi Maluku Nus Kesaulya dalam rapat pembagian master nilai DKHUN kepada para Kepala Disdikbud dan Kepala Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) di Kantor Disdikbud Provinsi Maluku (1/5).

Kesaulya menjelaskan, pelaksa­naan Pengumuman UNBK khusus SMA/SMK/MA ini dilaksanakan se­cara online. Yaitu, melalui si­tus resmi sekolah, atau secara lang­sung oleh sekolah di papan pe­ngu­muman sekolah. Selain itu sis­wa dapat mengakses ke situs resmi Kemendikbud untuk hasil pengumuman melalui situs resmi http://un.kemdikbud.go.id/.

Sekedar tahu saja, Tahun 2017 menjadi tahun spesial bagi para pelaku kependidikan, maupun pe­ser­ta didik.  Yang mana, UNBK me­ru­pakan cara baru dan lebih ce­pat bagi siswa dalam mengikuti ujian.

Selain itu, meski berstandar na­sional sistem ujian dan penetapan ke­­lulusan akan dikembalikan ke­pa­da sekolah masing-masing.  Dalam ra­pat dimaksud, Disdik Provinsi Ma­luku kembali mengingatkan, agar semua pihak terus memacu pres­tasi pendidikan. Termasuk mem­bangun komunikasi yang baik de­ngan para orangtua siswa, terkait proses belajar mengajar peserta didik.

Dalam rapat sempat mengemuka sejumlah persoalan pelaksanaan UNBK Tahun 2017. Diantaranya paling umum adalah sistem jaringan internet akibat gangguan server. Sebut saja, pelaksanaan UNBK di Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah. Di SMK I Banda, jaringan server dari Lintas Artha sempat mengalami gangguan saat pelaksanaan ujian.

“Faktanya memang begitu. Tapi kita bisa antisipasi,” terang Kepala SMK I Banda Abdurahman Ladjai kepada Kabar Timur, usai pembagian DKHUN 2017 di Disdik Provinsi Maluku.

Menurut Abdurahman, kekua­tiran terhadap pelaksanaan UNBK tidak terbukti. Siswa umumnya da­pat mengikuti ujian tersebut dengan baik. Dan itu karena persiapan yang dilakukan seluruh dewan guru me­mang cukup matang.

“Di samping itu, kerja keras siswa untuk memacu diri sangat menentukan. Ditambah perhatian orang tua dalam mendorong anak-anak mereka, untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian tersebut,” katanya. (KTA)

BERITA LAINNYA

Pencuri Uang Kontraktor Rp 850 Juta Ditangkap

Sabtu, 20 Januari 2018, 01:00 WIB

Bayi Hasil Aborsi Dibuang di Bak Sampah

Sabtu, 20 Januari 2018, 01:00 WIB

Atasan PPK, Kontraktor Harus Bisa Ditangkap

Sabtu, 20 Januari 2018, 00:59 WIB

KPK Akan Teliti Kekayaan Balon Gubernur

Sabtu, 20 Januari 2018, 00:59 WIB

Penjabat Kelang Assaude Dibui Polisi

Sabtu, 20 Januari 2018, 00:59 WIB