Menu
Sabtu, 18 November 2017
Pembangun pintu masuk Bandara Namrole di kawasan Desa Lektama,  Kota Namrole, Kabupaten Bursel, terus dikebut. | Sumber Foto:Marlon Sahetapy/Kabar Timur

KABARTIMUR.co.id, NAMROLE - Melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tahun 2018, diharapkan dapat mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel), dengan tetap mengedepankan pembangunan pro rakyat.

Harapan ini disampaikan Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulisa dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Syahroel Pawa saat membuka Musrembang di aula kantor bupati, pekan kemarin.

Kegiatan yang diselenggarakan Bappeda dan Litbang Bursel itu, mengusung tema; “Pengembangan Layanan Dasar Dan Perekonomian Daerah, Berbasis Potensi Unggulan Untuk Meningkatkan Investasi Daerah”.

Menurutnya, Musrembang RKPD-SKPD harus mampu menjawab permasalahan mendasar dan faktual agar dapat menjamin keberlanjutan proses pembangunan untuk tahun mendatang. Berbagai program yang diusulkan dapat di diskusikan, dan dikritisi secara konstruktif dan komprehensif, sehingga menghasilkan dokumen perencanaan yang rasional serta realistis sesuai dengan kemampuan anggaran daerah.

Pola koordinasi perencanaan dan penganggaran pembangunan, merupakan upaya yang harus dilakukan secara terus menerus baik secara vertikal maupun horisontal, dengan tetap menerapkan koordinasi dan konsulatasi yang sinergi, dan efisien dalam penggunaan dan pengalokasian sumber daya sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.

Untuk mencapai hal dimaksud kata Bupati, pelaku pembangunan diharapkan dapat memperhatikan beberapa hal. Pertama, mewujudkan komunikasi dan konsultasi yang efektif di antara pelaku pembangunan. Kedua, mengembangkan komitmen dan kesepakatan dalam forum koordinasi yang menghasilkan konsesus dalam penanganan isu-isu strategis dan kesepakan untuk mengimplementasikan usulan-usulan kegiatan prioritas.

Ketiga, meningkatkan keterlibatan para pelaku dalam pengambilan keputusan. Keempat, menjadikan wadah mediasi dalam mengatasi berbagai konflik kepentingan antara pelaku pembangunan untuk menghasilkan solusi yang optimal.

Berdasarkan target tersebut, arah kebijakan pembangunan daerah Kabupaten Bursel Tahun anggaran 2018 di jewantakan dalam visi dan misi pemerintah daerah periode 2016-2021 sebagaimana di kemas dalam visi pembangunan daerah  “Mewujudkan Kemandirian Buru Selatan Secara Berkelanjutan Sebagai Kabupaten Yang Rukun Berbasis Agro-Marine”.

Dalam rangka mengimplementasikan visi pembangunan tersebut, pemerintah daerah telah berkomitmen untuk mengedepankan seluruh proses pembangunan yang pro rakyat, dan berpihak pada kepentingan peningkatan kesejahteraan masyarakat Bursel.

“Realitas yang terjadi adalah Kabupaten Bursel telah mengalami kemajuan yang signifikan. Dimulai dari penurunan tingkat kemiskinan,” jelasnya.

Pada awal kepemimpinan pemerintahan Tagop Sudarsono Soulisa-Buce Ayub Seleky (TOP-BU) tahun 2011, kondisi kemiskinan berada pada angka 21,83?n pada tahun 2014 menurun menjadi 17,58% yang merupakan tingkat kemiskinan kedua di Maluku setelah Kota Ambon.

Selain itu pertumbuhan ekonomi Bursel dari tahun ke tahun menunjukkan trend yang positif. Di mana tahun 2011 sebesar 5,25% meningkat pada tahun 2015 menjadi 6,79%, dengan rata- rata per tahun sebesar 0,54%.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pun mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu pada tahun 2011 hanya 57,98% meningkat sebesar 61,48% di tahun 2014. Sementara angka harapan hidup pada tahun 2011, yaitu 64,88% meningkat menjadi 65,46% pada tahun 2015. Selanjutnya angka melek huruf pada tahun 2011 yaitu 89,78% meningkat pada tahun 2015 menjadi 92,70%. “Kondisi tersebut menggambarkan kehadiran otonomi daerah di tahun 2008 serta pemerintahan Kabupaten Bursel telah menjawab harapan masyarakat daerah ini dari keterisolasian,” tegasnya.  (KTL)

BERITA LAINNYA

Mantan Kadis Infokom Disidang Berbelit-Belit

Rabu, 15 November 2017, 09:35 WIB

SU Pemain Proyek, Sebelum Tersandung Korupsi

Rabu, 15 November 2017, 00:47 WIB

PDIP Usung Pasangan "Kombinasi"

Rabu, 15 November 2017, 00:44 WIB

Informasi Tsunami, Warga MBD Mengungsi

Rabu, 15 November 2017, 00:42 WIB

Koruptor Kas Daerah SBB Dituntut Dua Tahun Bui

Rabu, 15 November 2017, 00:39 WIB

Haji Hayun TKBM Yos Sudarso Terancam Dilengserkan

Rabu, 15 November 2017, 00:38 WIB