Menu
Minggu, 24 Juni 2018
Pil PCC

KABARTIMUR.co.id, TUAL - Dinas Kesehatan Kota Tual bersama Kepolisian Resort Maluku Tenggara (Malra) merazia peredaran Pil PCC (Paracetamol, Caffeine, Carisoprodol) di daerah itu.

"Inspeksi dilakukan sebagai upaya pencegahan beredarnya pil PCC secara luas di wilayah ini," kata Kepala Seksi Kefarmasian Dinkes Kota Tual Zaenab S.Farm, Apt. di Tual, Senin (9/10).

Sasaran utama razia adalah sejumlah tokoh obat dan apotik-apotik swasta, terutama penjual obat yang berpotensi menjual dan mengedarkannya di Tual.

Hasil razia tim gabungan tidak menemukan penjualan Pil PCC di apotik-apotik maupun toko obat di Tual.

"Jadi bisa kita nyatakan sementara ini bebas dari pil PCC, namun kami akan terus lakukan monitoring, serta akan dilakukan penindakan bersama Polres jika ada laporan dari masyarakat," katanya.

Dinkes Tual juga melakukan pembakalan edukasi kepada tenaga kesehatan terutama di kecamatan-kecamatan tentang Pil PCC serta obat-obat terlarang lainya, untuk diteruskan ke masyarakat yang berada di sekitar wilayah kerja masing-masing.

Sosialisasi pun akan dilakukan dengan target pemuda, mahasiswa, dan pelajar.

Zaenab menambahkan, pil PCC adalah campuran obat yang terdiri dari paracetamol, caffeine, dan carisoprodol. Pil ini memang memiliki efek samping yang bisa membahayakan jiwa.

Pil PCC ini sebenarnya legal dan pembeliannya harus menggunakan resep dokter.

Bahaya penggunaan, jika ketiga obat tersebut diminum secara bersamaan maka efek dari masing-masing obat akan bekerja sama dan merusak susunan syaraf otak.

"Pengguna akan menunjukkan gejala takut, panik dan cemas yang disebut dengan istilah bad trip. Tentu saja jika obat ini disalahgunakan akan menyebabkan overdosis hingga kematian jika si pengguna mengonsumsi secara berlebihan," kata Zaenab. (AN/KT)

Sumber : ANTARA
BERITA LAINNYA

Desak BK “Adili’’ Huwae & RR

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Usut Repo Fiktif, Kejati Dinilai Asal-Asalan

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Tiga Tahun Beruntun Malra Raih WTP

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Sering Mati Lampu, PMKRI Demo PLN

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Kades-Bendahara Jadi Terdakwa

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Tiga Warga Debut Tewas Dibunuh

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB