Menu
Kamis, 23 November 2017
| Sumber Foto:MARLON SAHETAPY/KABAR TIMUR

KABARTIMUR.co.id, LANGGUR - Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja (Raker)I Majelis Latupati yang dihelat 23 Oktober hingga 24 Oktober di Syafira Hotel, Kota Langgur.

Bupati Malra Anderias Rentanubun menyambut baik kegiatan ini. Orang nomor satu di Bumi Larvul Ngabal tersebut berharap, Raker Majelis Latupati dapat menghasilkan keputusan yang nantinya diimplementasikan di seluruh kabupaten/kota di Maluku.“Raker yang pertama dan dilakukan di Kabupaten Maluku Tenggara, kita harus bersyukur karena dilakukan disini. Tentunya kita berharap dengan Rakerda ini akan menghasilkan keputusan keputusan yang bisa dilakasanakan di seluruh kabupaten/kota,”ujar Rentanubun kepada wartawan usai pembukaan Raker Majelis Latupati, kemarin.  

Menurutnya, keputusan yang dilahirkan akan digunakan Bupati dan Walikota di Bumi Raja-Raja ini dalam proses pembangunan khususnya di desa-desa.“Tentunya keputusan keputusan itu akan digunakan oleh bupati sendiri sabagai pemangku kepentingan terutama untuk desa- desa,”terangnya.

Rentanubun yang juga bakal calon gubernur Maluku itu menyetil kepada para raja-raja asal Kabupaten Maluku Tenggara agar nantinya bisa memberikan catatan-catatn penting kepada pemerintah daerah.“Kita berbeda dengan tempat lain karena raja disini disebut Rashcap yang artinya terdiri dari beberapa desa. Kalau dilihat seperti Ambon disebut Latupati karena kepala desa itu sebagai raja. Artinya pendekatan ini juga berbeda.  Raja- raja kita yang hadir disini dapat memberikan catatan untuk pemerintah daerah atau mereka mengundang desa desa di Rashcapnya untuk memberitahukan apa keputusan keputusan itu,”tuturnya.

Ia menambahkan kegiatan ini dapat berjalan berjalan lancar dan sukses. Sekedar diketahui Raker Majelis Latupati I dibuka Wakil Gubernur, Zeth Sahuburua. Ketua Majelis Latupati Maluku Hi Ibrahim Wokas, Bupati Malra Anderias Rentanubun, Wakil Bupati Yunus Serang, Wakil Walikota Tual Hamid Rahayaan, , hadir pada acara pembukaan. Kegiatan ini juga dihadiri Sultan Sepuh XIV Cirebon yang juta Ketua Umum FSKN Prabu Arif Notonugroho. Peserta Raker terdiri dari Raja 75 orang, serta perwakilan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota 10 orang. Ketua Majelis Latupati Maluku Hi Ibrahim Wokas mengatakan Raker bertujuan meningkatkan peran dan kapasitas latupati dalam penyelenggaraan pemerintahan negeri adat, ratschap,regenshcap dan sebutan lain dalam pelaksanaan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat adat.

Merumuskan serta menetapklan program-program strategis majelis latupati Maluku empat tahun ke depan. Menindaklanjuti serta merealisasikan rekomendasi Musyawarah Besar III Majelis Latupati Maluku. (KTL)

BERITA LAINNYA

Kecermatan dalam Memilih Kata

Rabu, 22 November 2017, 01:24 WIB

3 Negara Lirik Pelabuhan Kontainer Tulehu-Waai

Rabu, 22 November 2017, 01:20 WIB

Bau Korupsi “Sampah” Terkuak di Pemkot Ambon

Rabu, 22 November 2017, 01:16 WIB

Ambon Disiapkan Jadi Sentra Ikan Hias Laut

Rabu, 22 November 2017, 01:12 WIB

Cemburu, Tukang Ojek Bakar Salon Waria

Rabu, 22 November 2017, 01:11 WIB

Jantje Ciptabudi Caretaker FISIP Unpatti

Rabu, 22 November 2017, 01:07 WIB