Menu
Sabtu, 18 November 2017
| Sumber Foto:MARLON SAHETAPY / KABAR TIMUR

KABARTIMUR.co.id, LANGGUR - Puluhan Kepala Sekolah (Kepsek) yang dilantik dituntut untuk mengaktualisasikan kompetesi yang dimiliki. Ini agar kemampuan yang dimiliki para Kepsek diterapkan di sekolah yang dipimpin.

Permintaan ini disampaikan Bupati Kabupaten Maluku Tenggara dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Yunus Serang pada acara pelantikan, kemarin. Pertama, kompetensi kepribadian yang menuntut kepsek memiliki ahklak mulia, mampu mengembangkan budaya dan tradisi ahklak mulia serta menjadi teladan bagi komunitas di sekolah.

Kedua, kompetensi manajerial yang berarti memiliki kemampuan memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah secara optimal. Menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik serta mengelola perubangan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajar yang efektif. Ketiga,kompetensi kewirausahaan memiliki arti mampu menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah. Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang efektif, memiliki motifasi untuk sukses sebagai pemimpin dan pantang menyerah dalam mencari solusi terbaik terhadap kendala yang dihadapi.

Keempat, kompetensi supervise yang adalah kemampuan merencanakan program supervise akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru dan melaksanakan supervise akademiki terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervise yang tepat.

Kelima, kompetensi social yakni kemampuan dapat bekerjasama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah, berpartisipasi dalam kegiatan social kemasyarakatan dan memiliki kepekaan social terhadap orang dan kelompok lain.

Orang nomor satu di Bumi Larvul Ngabal itu berharap, dapat melaksanakan seluruh tugas dan kewajiban dengan penuh dedikasi, tanggungjawab, jujur, loyal, professional baik dalam kapasitas jabatan maupun menjaga kehormatan institusi dan Korps Pegawai Negeri Sipil.“Kedepankan rasionalitas, profesionalitas, ketaatan pada aturan dan etika birokrasi serta kesantunan dalam melayani,”tegas Rentanubun yang juga bakal calon Gubernur Maluku itu. (KTL)

BERITA LAINNYA

Mantan Kadis Infokom Disidang Berbelit-Belit

Rabu, 15 November 2017, 09:35 WIB

SU Pemain Proyek, Sebelum Tersandung Korupsi

Rabu, 15 November 2017, 00:47 WIB

PDIP Usung Pasangan "Kombinasi"

Rabu, 15 November 2017, 00:44 WIB

Informasi Tsunami, Warga MBD Mengungsi

Rabu, 15 November 2017, 00:42 WIB

Koruptor Kas Daerah SBB Dituntut Dua Tahun Bui

Rabu, 15 November 2017, 00:39 WIB

Haji Hayun TKBM Yos Sudarso Terancam Dilengserkan

Rabu, 15 November 2017, 00:38 WIB