Menu
Kamis, 22 Juni 2017

KABARTIMUR.co.id, AMBON - Minus Maluku Tengah (Malteng), dipastikan empat “jawara” Pilkada serentak di Maluku, pada 15 Februari 2017, lalu,  Kota Ambon, Buru, Maluku Tenggara Barat, dan Seram Bagian Barat, segera dilantik.

Prosesi pelantikan, kempat “Jawara” terpilih sebagai Bupati dan Walikota, akan dilangusungkan di Kota Ambon, pada tanggal 22 Mei 2017, pekan depan.  Gubernur Maluku Said Assagaf  mengungkapkan itu.

Dia mengaku, jadwal pelantikan para kepala daerah yang terpilih pada Pilkada serentak itu, telah sesuai dengan agenda yang ditetapkan Kementrian Dalam Negeri. “Dipastikan Senin 22 Mei  2017, mereka yang terpilih dilantik,” ungkap Assagaff usai membuka latihan kader II (Intermediate Training) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ambon di Gedung Islamic Center kawasan Waihaong, Kamis (11/5).

Yang diusul, kata Assagaf, adalah: Kabupaten Buru, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Kota Ambon dan usulan tersebut masih diproses di Kemendagri. “Usulan kita masih diproses di Kemendagri. Kalau SK-nya sudah ada, ke-empat kepala daerah ini dilantik,” ungkapnya.

Ke-empat “Jawara” tersebut:  Walikota dan Wakil Walikota Ambon Richard Louhenapessy-Syarif Hadler, Bupati dan Wakil Bupati MTB Petrus Fatlolon-Agustinus Utuwaly, Bupati dan Wakil Bupati Buru Ramli Umasugi-Amustafa Besan dan Bupati dan Wakil Bupati SBB Yasin Payapo-Timotius Akerina.

Sedangkan, untuk Maluku Tengah, usulan pelantikan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Tuasikal Abua-Marlattu Leleury belum bisa diproses karena masa jabatan keduanya baru akan berakhir pada 8 September 2017 mendatang.

Yang menarik, empat “jawara” ini direncanakan akan dilantik bersamaan. Lokasi pelantikan juga, kata Assagaf, akan dipusatkan di Lapangan Merdeka, Ambon.

“Ini karena ada empat, bagaimana kalau kita bikin di Lapangan Merdeka saja. Tidak dibilang di dalam aturan harus di DPRD atau di kantor Gubernur. Yang penting di Ibukota Provinsi. Jadi kita rencanakan lokasinya di Lapangan Merdeka,” terangnya.

Hanya saja, lanjut Assgaf, soal lokasi pelantikan masih harus dibicarakan lagi. “ Lapangan Merdeka itu ide saya, nanti kita dibicarakan dulu. Kalau tidak ya di gedung Islamic Center atau di Baileo Siwalima,” tandasnya.

Sementara itu, Mendagri Tjahjo Kumolo telah menyampaikan jadwal pelantikan kepala daerah terpilih dan wakilnya hasil Pilkada serentak 2017 akan berlangsung beberapa tahapan.

Untuk gubernur dan wakil gubernur terpilih akan dilantik hari ini (12/5) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Sedangkan kepala daerah tingkat II, yakni Bupati/Walikota dan wakilnya pada 22 Mei mendatang. Hal ini sesuai surat Mendagri Nomor 273/222/SJ tertanggal 10 Mei 2017. (RUZ)

BERITA LAINNYA