Menu
Minggu, 20 Agustus 2017
Ilustrasi

KABARTIMUR.co.id, AMBON - Setelah menjalani pemeriksaan, penyidik Satresnarkoba Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease akhirnya menetapkan tiga tersangka kasus narkoba.

Ketiganya adalah Rahman Salamun, Musni dan Francis Siahaya. Tiga penjahat narkoba ini ditangkap di lokasi berbeda di Kota Ambon pada 6 dan 8 Agustus 2017.

Tiga tersangka dijerat Undang-Undang Narkotika Nomor 35 tahun 2009. Mereka disangkakan pasal berbeda setelah diketahui sebagai pemakai dan pengedar barang haram itu. Rahman Salamun dan Francis Siahaya merupakan pengedar. Sementara Musni sebagai pemakai.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, ketiganya ditahan di rumah tahanan Polres Ambon. Mereka terancam hukuman diatas empat tahun penjara. “Kasus ini masih terus kami kembangkan,” kata Kepala Satresnarkoba, AKP Alex Kamali di Mapolres Ambon, Jumat (11/8).

Alex mengungkapkan kronologis penangkapan tiga tersang tersebut. Barawal dari penggerebekan yang dilakukan tim Satresnarkoba setelah mengantongi informasi transaksi narkoba.

Mendapat informasi dari warga, tim bergerak dan menciduk Rahman Salamun beserta 4 paket ganja kering.

Beberapa jam di hari yang sama, tim membekuk Musni. Polisi mengamankan 1 paket sabu. Saat diperiksa penyidik, Musni “bernyanyi” jika Narkoba jenis amphetamina, itu dibeli dari Francis Siahaya. “Dari keterangan Musni, kami mengatur cara untuk menangkap Francis bersama barang bukti,” kisah Alex.

Tiga hari sesudah menangkap Musni, polisi berhasil mengamankan Francis bersama 4 paket sabu.

Sebelumnya diberitakan, tiga tersangka ini dicokok di Desa Batumerah dan Urimesing Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Rahman Salamun merupakan warga Batumerah dan Francis Siahaya, bermukim di Negeri Soya Kecamatan Sirimau. Sementara Musni, merupakan warga Desa Waiheru Kecamatan Baguala.

Rahman dibekuk di kawasan Batumerah Kampung, pukul 17.30 WIT. Dari tangan pria 33 tahun ini, polisi mengamankan 5 paket narkoba jenis ganja.

Beberapa jam kemudian, polisi kembali menciduk Musni. Pria 35 tahun itu digrebek di kawasan Batumerah Tanjung pukul 22.00 WIT. Barang bukti milik Musni berupa 1 paket narkoba jenis sabu.

Selang tiga hari atau Selasa (8/8), tim Satresnarkoba menangkap Francis. Lelaki berusia 38 tahun ini digrebek di depan swalayan yang berada di kawasan Urimesing pukul 17.30 WIT. Polisi menyita 4 paket narkoba jenis amphetamina.

Para tersangka dibekuk tanpa perlawanan. Proses penangkapan ke tiganya yang merupakan target operasi (TO) Satresnarkoba ini setelah mendapat informasi dari warga. (CR1)

BERITA LAINNYA

Jaksa Telusuri Eksekutor Pencairan Rp 238 Miliar

Sabtu, 19 Agustus 2017, 06:00 WIB

Akhir Pekan, dan Babak Baru Pilkada Maluku

Sabtu, 19 Agustus 2017, 06:00 WIB

Pekan Depan Remon Diserahkan ke JPU

Sabtu, 19 Agustus 2017, 06:00 WIB

Polda Akui Periksa Kadishub MBD

Sabtu, 19 Agustus 2017, 06:00 WIB

Dishut Maluku Ancam Tempuh Jalur Hukum

Sabtu, 19 Agustus 2017, 06:00 WIB