Menu
Selasa, 12 Desember 2017

KABARTIMUR.co.id, NAMROLE - Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen  Pol. Deden Juhara memastikan tahun 2019 Polres Buru Selatan akan dibangun.

“Maluku miliki 11 kabupaten/kota. Untuk Polres baru ada di 9 kabupaten/kota. Bursel kalau tidak ada halangan  tahun 2018 atau paling lambat 2019 akan dianggarkan untuk pembangunan Polres,” janji Kapolda saat kunjungan kerja di Namrole, Bursel, Jumat (11/8).

Menurutnya bila Polres Bursel dibentuk membutuhkan  personil yang cukup banyak. Satu Polres membutuhkan sekitar 400 personil. 

”Saya kemarin bertemu Menteri BUMN Rini Soemarno. Beliau juga telah menyampaikan hal itu.  Pak kapolda tolong untuk daerah-daerah perbatasan dibentuk Polres. Daerah-daerah perbatasan, pereknomian yang berkembang  harus ada penambahan personil,” ungkap Kapolda meniru penjelasan Rini.

Kapolda juga telah menyampaikan hal tersebut saat kunjungan Komisi III DPR RI  ke Ambon, Selasa kemarin. “Kami minta Polres dibangun di satu kabupaten. Selain itu juga akan diperkuat armada Polair, termasuk di kabupaten ini (Bursel). Insya Allah ada penambahan. Komisi III telah merespon positif permintaan kami,” ungkap Kapolda.

Terkait Kunker dirinya ke Kota Namrole, Kapolda  mengatakan, untuk melihat dari dekat kondisi keamanan termasuk potensi di Bursel yang harus diamankan.  

Sebab kehadiran Polri untuk menjalin hubungan baik, sehingga memberikan dampak bagi kesejahteraan masyarakat. “Itu tujuan utama dari kunjungan yang saya lakukan hari ini. Kehadiran saya juga untuk perkuatan  pasukan, kan seperti itu.  Mungkin tahun  depan ada penambahan anggota   yang sekarang surat keputusannya sementara disiapkan. Saya datang kesini  untuk membantu pemerintah daeraha terutama pembangunan. Kalau pembangunannya bagus, aman, pasti investor akan datang karena potensi alamnya sangat luar biasa,” ujar jenderal bintang dua ini.

Di Namrole, Kapolda mengingatkan masyarakat tidak terjerumus dalam paham radikalisme. Masyarakat diingatkan untuk menjaga keamanan lingkungan. Jika  ada pendatang baru yang tidak dikenal,  masyarakat harus segera melaporkan kepada aparat TNI- Polri. 

“Itu yang kami  minta kepada masyarakat. Termasuk juga kami minta kepada bupati agar bisa mensosialisasikan itu kepada masyarakat. Kalau ada pendatang baru  termasuk masyarakat yang sudah lama pergi dan kembali kesini, itu juga harus diketahui maksud dan tujuannya seperti apa.  Saya yakin  di Buru Selatan ini masih aman. Kalau ada sinergi antara masyarakat, bersama Polisi dan TNI termasuk Forkopimda,  ke depan   Insyaallah Bursel  akan lebih maju lagi,” ujar Kapolda.

Bupati Bursel Tagop Soulisa merasa bangga Kapolda mengunjungi daerah yang dipimpinnya.  “Atas nama masyarakat Buru Selatan saya bangga karena bukan hanya Kapolda yang datang, tetapi juga Wakapolda Brigjen Pol. Daniel Pasaribu. Biasanya kalau Pak Kapolda  melakukan kunjungan kerja, pasti Wakapolda tetap berada di tempat. Namun kali ini Kapolda dan Wakapolda  yang juga ditemani oleh beberapa stafnya,” salut Bupati.

Dia berharap dengan kunjungan Kapolda, Wakapolda  berserta sejumlah jajarannya akan memberikan manfaat bagi masyarakat di Bursel. Salah satunya dengan mempercepat pembentukan Polres  Bursel.

Rombongan Kapolda tiba di Namrole  menumpangi pesawat Trigana Air. Turut serta Wakapolda Brigjen Pol, Daniel Pasaribu, Kasat Brimob Kombes Pol. Agus Pujianto, Dirpanovit Kombes Pol. Henny Sulistia, Direskrimsus Kombes Pol. Konlis Anton dan Dirlantas Kombes Pol. Herutrisasono.  Tiba dibandara Namrole Kapolda dan pejabat utama Polda Maluku dijemput Bupati Tagop.

Di Namrole, Kapolda bersama  rombongan  mengunjungi Polsek Namrole dan bertolak ke Namlea, Kabupaten Buru. (KTL)

BERITA LAINNYA

Yayasan Darusallam Menggugat Menristek

Selasa, 12 Desember 2017, 11:26 WIB

Gerindra Diminta Tidak “Maraju” Tinggalkan MI

Selasa, 12 Desember 2017, 11:17 WIB

Sahran Umasugi Cs Bakal Diperiksa Lagi

Selasa, 12 Desember 2017, 11:13 WIB

Sidang Pasangan “HEBAT” Berlanjut

Selasa, 12 Desember 2017, 11:08 WIB

Penumpang Pesawat Batik Air Tewas Saat Mengudara

Selasa, 12 Desember 2017, 11:01 WIB

APBD Disahkan di Hari Libur, DPRD Protes

Selasa, 12 Desember 2017, 10:55 WIB