Menu
Selasa, 12 Desember 2017
Petugas Polsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) mengamankan 35 unit sepeda motor ilegal berplat B, AA dan F yang diangkut menggunakan KN Salawaku milik KPLP Kota Tual, di Pelabuhan Rakyat Batu Merah, Pantai Losari, Ambon, Selasa (10/10). Puluhan kenda | Sumber Foto:Ruzady Adjis/Kabar Timur

KABARTIMUR.co.id, AMBON - Polsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon mengamankan puluhan sepeda motor tanpa dokumen alias bodong.

Motor disita dari atas Kapal Negara Salawaku milik Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Maluku Tenggara saat bersandar di Pelabuhan Mardika, Ambon, Selasa (10/10) dinihari.

Kapolsek KPYS Ambon AKP Rony Ferdy Manaman mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan di atas kapal, ditemukan 35 unit sepeda motor bodong. "Hanya enam unit sepeda motor yang memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor, sisanya tidak memiliki surat-surat," kata Ferdy, kemarin.

Puluhan motor ilegal itu disita dari atas kapal milik Kementrian Perhubungan saat merapat di pelabuhan untuk membeli kebutuhan logistik. ìKapal ini baru saja doking di Pulau Jawa dan akan berlayar menuju Tual. Mereka singgah sebentar di Palabuhan Mardika untuk membeli logistik,î ungkapnya.

Motor tersebut diamankan karena proses pengirimannya tidak sesuai prosedur. Menurutnya sesuai aturan, pemilik motor harus menggunakan jasa pengiriman resmi. "Selain tidak dilengkapi dokumen resmi, pengiriman 35 unit sepeda motor ini juga tidak menggunakan jasa pengiriman resmi," ujarnya.

Rony menjelaskan, semula pihaknya hanya mendapati 28 unit motor di atas kapal tersebut, namun setelah anak buah kapal (ABK) diinterogasi, 7 motor lainnya ditemukan. "Setelah kita interogasi ABK ternyata jumlah sepeda motor itu ada 35 unit," ujarnya.

Hasil pemeriksaan sementara kasus penyelundupan puluhan motor bodong ini diduga melibatkan oknum KPLP. Sebab kapal itu sengaja digunakan untuk kepentingan illegal. "Ada dugaan kuat melibatkan oknum KPLP karena penyelundupan ini menggunakan kapal milik KPLP," tegasnya.

Puluhan motor bodong ini telah diamankan di Polsek Pelabuhan Yos Sudarso untuk penyelidikan lebih lanjut. (KTR)

BERITA LAINNYA

Yayasan Darusallam Menggugat Menristek

Selasa, 12 Desember 2017, 11:26 WIB

Gerindra Diminta Tidak “Maraju” Tinggalkan MI

Selasa, 12 Desember 2017, 11:17 WIB

Sahran Umasugi Cs Bakal Diperiksa Lagi

Selasa, 12 Desember 2017, 11:13 WIB

Sidang Pasangan “HEBAT” Berlanjut

Selasa, 12 Desember 2017, 11:08 WIB

Penumpang Pesawat Batik Air Tewas Saat Mengudara

Selasa, 12 Desember 2017, 11:01 WIB

APBD Disahkan di Hari Libur, DPRD Protes

Selasa, 12 Desember 2017, 10:55 WIB