Menu
Selasa, 12 Desember 2017

KABARTIMUR.co.id, AMBON - Setelah lama hidup gelap gulita di malam hari, tak lama lagi warga Desa Ai, Pulau Ai, Kecamatan Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, akan menikmati penerangan listrik.

Ini setelah Gubernur Maluku Said Assagaff menjanjikan listrik akan menerangi tiga pulau di Banda, yakni Pulau Hatta, Pulau Ai dan Pulau Rhun.

Selama ini, ketiga pulau dari wilayah yang dikenal sebagai penghasil pala dan cengkih itu masih belum tersentuh penerangan listrik PLN.

Raja Terpilih Desa Ai, Pulau Ai Kecamatan Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, Aksin Ladusu mengaku sangat senang setelah gubernur memastikan wilayahnya akan diterangi listrik.

Janji orang nomor satu di Maluku itu disampaikan saat membuka Pesta Rakyat Banda di Istana Mini, Desa Dwiwarna, Kecamatan Banda Neira, Kabupaten Malteng, Rabu (11/10).

"Kami sangat terima kasih dengan kabar gembira ini. Selama ini kami sangat kesulitan listrik Ai," kata Aksin yang dihubungi Kabar Timur, Kamis (12/10).

Selama ini warga Pulau Ai menikmati listrik dari mesin genset milik warga setempat. Itu pun listriknya bisa dimanfaatkan sejak pukul 18.30 WIT hingga pukul 20.30 WIT. "Kalau sekarang ini, listrik kita gunakan hanya beberapa jam saja. Itu pun malam hari. Karena sumber listriknya dari mesin genset warga," bebernya.

Listrik yang dinikmati warga Pulau Ai saat ini tidak gratis. Warga yang menikmati listrik harus membayar uang bulanan sekitar Rp 150.000 per rumah. "Harus bayar uang listrik bulanan. Kita setengah mati, tidak bisa berbuat banyak karena listrik dari PLN belum ada di Pulau Ai. Pakai listrik belum puas, jam 11 malam listrik sudah padam. Kalau yang punya mesin genset tetap bisa menikmati listrik,î ujarnya.

Dia berharap, listrik di Pulau Ai maupun di Pulau Hatta dan Pulau Rhun bisa secepatnya direalisasi agar penderitaan rakyat di tiga wilayah itu bisa berkurang. "Mudah-mudahan bisa cepat direalisasikan. Kasihan kita di sini. Siang hari tidak bisa nikmati listrik," tandasnya.

Jamhar Rumbaru, warga Pulau Ai sangat senang dengan janji gubernur. "Alhamdulillah kalau listrik sudah mau masuk ke Pulau Ai. Selama ini kita tidak bisa menikmati listrik seperti warga di Pulau Neira," ucapnya.

Menurutnya, jika listrik menerangi ketiga pulau tersebut, banyak manfaat yang bisa dirasakan masyarakat. "Pasti sangat bermanfaat kalau sudah ada listrik," ujarnya. (RUZ)

BERITA LAINNYA

Yayasan Darusallam Menggugat Menristek

Selasa, 12 Desember 2017, 11:26 WIB

Gerindra Diminta Tidak “Maraju” Tinggalkan MI

Selasa, 12 Desember 2017, 11:17 WIB

Sahran Umasugi Cs Bakal Diperiksa Lagi

Selasa, 12 Desember 2017, 11:13 WIB

Sidang Pasangan “HEBAT” Berlanjut

Selasa, 12 Desember 2017, 11:08 WIB

Penumpang Pesawat Batik Air Tewas Saat Mengudara

Selasa, 12 Desember 2017, 11:01 WIB

APBD Disahkan di Hari Libur, DPRD Protes

Selasa, 12 Desember 2017, 10:55 WIB