Menu
Jumat, 20 Oktober 2017
| Sumber Foto:IST

KABARTIMUR.co.id, AMBON - Sebanyak tiga partai politik ditolak berkasnya saat mendaftar di KPU Kota Ambon, sebagai peserta pemilu 2019 mendatang.

Ketiga parpol masing-masing PDI Perjuangan, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Serikat Indonesia (PSI), tidak lengkap administrasi.

Kordinator Divisi Hukum KPU Ambon, M. Sadeck Fuad mengatakan, sejak dibuka pendaftaran, baru tiga parpol mendaftar. "Tiga partai tersebut belum bisa mendaftar lantaran belum lengkap beberapa persyaratan," kata Fuad, kemarin.

Dia mencontohkan, Partai Perindo dan PSI berkasnya dikembalikan lantaran sipol partai dan dokumen yang dimiliki jumlahnya tidak sama. "PDI Perjuangan sudah datang untuk mendaftar di sini (KPU). Kami tolak karena sesuai dengan ketentuan, DPP harus daftar terlebih dahulu di KPU RI. Tapi DPP PDI Perjuangan belum mendaftar di KPU RI, makanya, berkas mereka kami tolak," jelasnya.

Proses pendaftaran partai politik, sedianya dilakukan di KPU pusat. KPU kabupaten/kota hanya melampirkan dokumen untuk diserahkan ke KPU pusat. "Dokumen itu terdiri dari jumlah data anggota, nama dan alamat. Kemudian E-KTP dan KTA sebagai lampiran. Tetapi daftar itu di KPU pusat,"jelas Fuad.

Sesuai ketentuan yang berlaku, setiap partai politik minimal memiliki kepengurusan sebanyak 75 persen di provinsi. "Untuk ketentuan itu, masing-masing partai harus menentukan basis keanggoataanya di mana saja," ujarnya.

Untuk itu, dia menjelaskan, medio Desember 2017 mendatang dilakukan verifikasi faktual, penelitian administrasi selama 30 hari. "Jadi dimulai 15 Desember 2017 sampai 4 Januari 2018. Hasil verifikasi kita kirim ke pusat, karena semua parpol dikirim ke pusat. Nanti KPU pusat akumulasi memenuhi syarat atau tidak baru diumumkan dan ditetapkan sebagai peserta pemilu," terang Fuad. (MG5)

BERITA LAINNYA

Tukang Ojek ‘Tukang Perkosa’ Akhirnya Dibui

Jumat, 20 Oktober 2017, 01:00 WIB

Polisi Diminta Ungkap Pelaku Pemerkosaan

Kamis, 19 Oktober 2017, 23:44 WIB

Pawai Promosi Festival Meti Kei Ricuh

Kamis, 19 Oktober 2017, 23:34 WIB

Bentrok di Unpatti Dua Mahasiswa Terluka

Kamis, 19 Oktober 2017, 23:30 WIB