Menu
Minggu, 24 Juni 2018
IST

KABARTIMUR.co.id,AMBON - Selain Sandy Walsh, Navarone Chesney Kai Foor, pesepakbola berdarah Belanda-Indonesia ini juga pantas di naturalisasi agar bisa bela Timnas Indonesia.

Nama Foor mulai terdengar di tahun 2012 lalu sejak dirinya terpilih sebagai man of the match pada laga NEC Nijmegen kontra FC Twente, di salah satu ajang Liga Belanda.

Waktu itu NEC Nijmegen berhasil permalukan FC Twente dengan skor 3-1. Performanya terus meningkat  hingga laga tandang ke klub VVV Venlo, di laga itu ia juga berhasil mencetak gol.

Kini, pemain asal Opheusden, salah satu kota di Belanda itu, merumput bersama klub divisi teratas Liga Belanda, Vitesse. Dirinya menjadi orang yang lumayan diandalkan di timnya saat ini.

Melihat perkembangan pemain berdarah Maluku itu, publik pecinta sepakbola pun mulai mengenalnya, bahkan sampai Indonesia. Warganet pun kini sedang ramai bicarakan pemain kelahiran 4 Februari 1992 ini. Bahkan publik Belanda berharap Navarone Foor bias direkrut klub besar belanda seperti PSV.

Mendengar kabar ini, dirinya pun merasa senang jika banyak pecinta sepakbola yang menyukainya. “Itu bagus, saya senang mendengarnya,” ungkap punggawa timnas Belanda, U-20 itu dilansir dari sepakbolanda.com.

Kualitas pemain 25 tahun itu juga tak terlewatkan dari pantauan bakat untuk timnas Belanda. Pada Mei 2010, ia menjalani debut pertamanya bersama timnas Oranye U-19. Setelah usianya 20 tahun, pelatih Timnas Belanda U-20Adrie Koster, masih panggil Navarone untuk gabung di Belofte Oranye.

Melihat statistiknya bermain di Belanda dan setelah namanya muncul ke permukaan dengan segudang prestasinya, pihak PSSI akan langsung terbang ke Belanda untuk memantau perkembangan pemain ini. Pasalnya namanya juga tercatat di Kemenpora sebegai pesepakbola keturunan Indonesia yang bermain di luar negeri.

Dan perlu diketahui, berkat penampilannya yang sangat luar biasa ini, pemain yang pernah untuk timnas U-19 Belanda ini memiliki bandrol yang sangat tinggi, yakni mencapai 1,75 juta Euro berdasar data tranfermarkt.

KARIR TIMNAS BELANDA 

Navarone Chesney Kai Foor lahir 4 Februari 1992, di Opheusden. Dia keturunan Belanda-Maluku. Kakek-neneknya berasal dari Maluku.

“Aku punya keluarga yang tinggal di sana, tapi saya belum pernah ke sana (Maluku),” kata Foor.  “Aku akan senang jika suatu hari nanti pergi ke Maluku” lanjut Foor.

Foor bergabung dengan NEC Nijmegen pada tahun 2009 dari klub lokal Opheusden. Pada tanggal 6 April 2011, Foor membuat debut bersama NEC Nijmegen saat di tahan imbang 2-2 dengan Heerenveen, di mana ia menggantikan Lasse Schöne di menit ke-79. Pada tanggal 10 Agustus 2011, Foor diberi kesempatan menjadi starter saat NEC Nijmegen melawan rival lokal De Graafschap. Foor bermain sampai menit ke-71 sebelum digantikan oleh pemain pinjaman Manchester City Abdisalam Ibrahim. Pada tanggal 22 April 2012, Foor mencetak gol pertamanya bersama NEC Nijmegen saat dikalahkan 2-1 PSV. Pada tanggal 10 Juli 2012, Foor bermain memukau kala melawan rival sengit Vitesse, yang akhirnya berakhir dengan kemenangan 3-2 untuk NEC Nijmegen.

Foor dengan cepat menjadi favorit penggemar NEC Nijmegen dengan penampilan yang konsisten selama lima tahun di klub NEC Nijmegen. Foor berperan besar dalam membawa NEC Nijmegen menjuarai Eerste Divisie, di mana ia mencetak tujuh gol sepanjang kompetisi. Foor mencatatkan penampilan sebanyak 154 kali selama membela NEC Nijmegen dengan torehan lima belas gol.

Pada tanggal 13 Mei 2016, Foor bergabung dengan klub rival Vitesse dengan durasi kontrak empat tahun dengan status bebas transfer setelah kontraknya berakhir bersama NEC Nijmegen. 

Pada 11 September 2016, Foor membuat debut bersama Vitesse saat menderita kekalahan 1-0 di laga away menghadapi Ajax, Foor tampil selama 64 menit sebelum digantikan oleh Nathan. Pada 23 Oktober 2016, Foor mencetak gol pertamanya untuk Vitesse saat menahan imbang 1-1 melawan mantan klubnya NEC Nijmegen, Foor membuka skor di menit ke-38.

Bermain sebagai gelandang serang dan memiliki kemampuan melepaskan umpan-umpan matang serta gerakannya sangat gesit membuatnya dilirik Timnas Belanda. 

Navarone Foor pernah bermain untuk Timnas Belanda U-19, U-20 dan U-21. Foor masih bisa memperkuat Timnas Indonesia di masa mendatang karena latar belakang keluarganya yang berasal dari Maluku. (ISC)

BERITA LAINNYA

Desak BK “Adili’’ Huwae & RR

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Usut Repo Fiktif, Kejati Dinilai Asal-Asalan

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Tiga Tahun Beruntun Malra Raih WTP

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Sering Mati Lampu, PMKRI Demo PLN

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Kades-Bendahara Jadi Terdakwa

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Tiga Warga Debut Tewas Dibunuh

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB