Menu
Rabu, 25 April 2018
RUSADI ADJIZ/KABARTIMUR

KABARTIMUR.co.id,AMBON-Pasangan balon Gubernur-Wakil Gubernur mulai menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum melangkah ke putaran Pilgub Maluku. Said Assagaff-Anderias Rentanubun didapuk sebagai pasangan pertama yang diperiksa tim medis RSUD dr Haulussy.

Dalam pengecekan kesehatan pasangan dengan jargon SANTUN itu menjalani beberapa pemeriksaan. Diantaranya kesehatan jantung, bebas atau tidak narkotika, hingga kondisi psikologi. 

“Hari ini (kemarin) mulai pemeriksaan kesehatan dari tanggal 11 sampai 13 Januari. Pasangan SANTUN dapat giliran pertama. MAS BRO dan HEBAT besok (hari ini). Tapi yang pasti prosesnya sampai tanggal 13 Januari,” tegas Ketua KPU Provinsi Maluku Samsul Rivan Kubangun kepada wartawan di sela-sela chek kesehatan yang dijalani Said Asssagaff-Andreas Rentanubun, Kamis (11/1).

Tapi hasil pemeriksaan Assagaff-Rentanubun maupun pasangan Mas Bro (Murad Ismail-Barnabas Orno) dan HEBAT (Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath) itu baru bisa diketahui setelah seluruh rangkaian pemeriksaan kesehatan itu dirampungkan tim medis. “Setelah selesai pemeriksaan baru diketahui hasilnya. Jadi hari ini belum bisa,” kata Kubangun.

Senada dengan pimpinan KPU Provinsi Maluku itu, tim Medis yang menangani pemeriksaan paslon Gubernur-Wakil Gubernur ini mengaku, hasil pemeriksaan belum bisa disampaikan ke publik. “Belum bisa dikasih keterangan karena pemeriksaan tiga paslon ini belum selesai. Kalau sudah selesai baru bisa diketahui hasilnya,” kata ketua tim medis Dr Ade Hendrita Tuanakota terpisah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kabar Timur, tim medis yang melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan balon SANTUN kemarin adalah tim dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Maluku dan Universitas Hasanuddin Makassar.

Dari pantauan, pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan SANTUN dimulai dari pemeriksaan darah, saraf, Telinga Hidung Tenggorokan (THT), jantung, gigi dan tes narkotika. Setelah istirahat makan siang, dilanjutkan dengan pemeriksaan psikologi, kurang lebih empat jam lamanya. Hingga pukul 18.00 WIT, proses pemeriksaan tersebut belum selesai dilakukan.

Selain Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun di sela-sela pemeriksaan tampak pula Komisioner Divisi Teknis KPU La Alwi. Juga turut hadir Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Abdullah Ely dan Komisioner Divisi Hukum Paulus Titaley.

Pasangan petahana Said Assagaff usai menjalani pemeriksaan pukul 19.27 WIT. Dia menjelaskan,  pemeriksaan kali ini berbeda dengan lima tahun lalu. Sebab menjalani tes psikologi. “Tesnya berbeda dengan lima tahun lalu. Saya yang pertama selesai, Pak Andre mungkin sebentar lagi,” tuturnya. 

Ia mengaku, khusus pemeriksaan psikologi berlangsung lama. Pemeriksaan berlangsung pukul 14.00 WIT dan berakhir 19.25 WIT. 

Menurutnya, pemeriksaan psikologi sangat penting untuk menilai bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik. “Psikologi tes itu penting untuk menilai bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik. Dan dasar-dasar itu yang diperlukan untuk menjadi pemimpin,” tegasnya. 

Hingga pukul 19.35 WIT, Balon Wagub Andreas Rentanubun masih menjalani pemeriksaan psikologi dari tim dokter yang di-datangkan dari Makassar.  (RUZ)

BERITA LAINNYA

Bendera RMS Ditemukan di Pantai Hulaliu

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB

Tim Reskrimsus Geledah Kantor Bupati Buru

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB

Hari Ini KPU Tetapkan DPT Pilgub

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB

Divonis 5 Tahun, Narapidana Dirawat di RSJ

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB

Bos “Remaja Indah” Dihukum Bayar Pesangon

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB

Ini Tiga Kabupaten Penunggak Raskin Terbesar

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB