Menu
Rabu, 25 April 2018
ILUSTRASI

KABARTIMUR.co.id,AMBON-Dugaan korupsi reklamasi Pantai Namlea, siapa yang bakal menyusul jadi tersangka, notabene merupakan kewenangan tim penyidik. Ketua tim penyidik Adam Saimima masih harus ditunggu. 

Sementara menunggu Adam yang masih menjalani cuti, Kasipenkum Kejati Maluku Samy Sapulette mengaku belum mendengar informasi soal koordinasi Kejati dengan pihak Bank Indonesia, atau PPATK. Untuk melacak aliran dana yang ditengarai berasal dari hasil korupsi proyek senilai Rp 8 miliar lebih itu. 

Sebelumnya kepada Kabar Timur, Adam Saimima mengaku akan melakukan koordinasi dengan Bank Indonesia. Adam tidak menjelaskan maksud dilakukan koordinasi. Namun dia sempat menyebutkan soal transfer-transfer keuangan para pihak yang ditengarai terlibat di perkara itu.

“Masih harus koordinasi dengan Bank Indonesia, harus bikin surat dulu,” katanya.

Adam juga memastikan jika peluang penambahan tersangka masih ada. Menurut dia, peluang tersebut ada ketika terbukti adanya dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Tapi Adam mengaku hal itu, masih harus ditelaah.

Sementara itu Kasipenkum Kejati Maluku mengaku, penyidikan lanjutan terhadap para saksi saat ini difokuskan untuk mendalami peran empat tersangka yang sudah ditetapkan. Masing-masing, adik kandung Bupati Buru, yakni Sahran Umasugy yang bertindak selaku kontraktor pelaksana, lalu Memed Duwila orang kepercayaan Sahran. Kemudian PPK proyek tersebut, Sri Julianti dan Konsultan pengawasan Mohammd Ridwan Pattilouw. Keempatnya ditetapkan selaku tersangka dan diumumkan oleh Kejati 5 Desember 2017 lalu.

“Tentunya pemeriksaan saksi-saksi ini untuk mendalami peran para tersangka,” kata Samy.

Dicercar soal kemungkinan penambahan tersangka, Samy wanti-wanti menolak memberi penjelasan. Dia mengingatkan, kalau itu merupakan kewenangan penuh tim jaksa penyidikan. “Ketua Tim penyidik Pa Adam Saimima masih cuti. Apa nanti ada kemungkina penambahan tersangka tentu beliau lebih tahu,” ujar Samy. (KTA)

BERITA LAINNYA

Bendera RMS Ditemukan di Pantai Hulaliu

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB

Tim Reskrimsus Geledah Kantor Bupati Buru

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB

Hari Ini KPU Tetapkan DPT Pilgub

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB

Divonis 5 Tahun, Narapidana Dirawat di RSJ

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB

Bos “Remaja Indah” Dihukum Bayar Pesangon

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB

Ini Tiga Kabupaten Penunggak Raskin Terbesar

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB