Menu
Selasa, 24 April 2018
IST

KABARTIMUR.co.id,AMBON-Himpunan  Mahasiswa Islam (HMI) diminta mendukung perjuangan Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Kepulauan di kongres organisasi kemahasiswaan yang dipusatkan di Kota Ambon.

“Kongres HMI mesti membicarakan kepentingan Maluku. Jangan jadikan Maluku, tuan rumah saja,”kata Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono kepada Kabar Timur, kemarin.

Senator asal Maluku ini mengatakan, thema Kongres HMI ke XXX, yakni soal keadilan. “Tentu berbagai persoalan bangsa dan negara ini termasuk Maluku, menjadi perhatian serius dan menjadi rekomendasi kongres nantinya,”ingatnya.

 Apalagi, ingat dia, terjadi disparitas pembangunan terkait keadilan di kawasan pulau Jawa dan luar Jawa. “Jawa dan luar Jawa terjadi disparitas. Timur dan barat juga demikian. Begitu juga disparitas antara kota dan desa,”jelasnya.

Untuk itu, harap Sampono ketika memimpin paripurna pengesahan RUU Daerah Kepulauan, berharap, momentum kongres HMI, mesti mendukung atau memperjuangkan kepentingan bangsa termasuk  kepentingan Maluku. “Mesti ada keputusan hasil kongres yang bermanfaat bagi bangsa ini termasuk Maluku,”terangnya.

Dia mencontohkan, RUU Daerah Kepulauan telah diusulkan untuk dibahas bersama DPR.”Tunggu rapat triparti saja antara DPD, DPR dan pemerintah pusat seingga disahkan menjadi UU,”paparnya.

Sampono mengaku, jika RUU Daerah Kepulauan disahkan menjadi UU, ada rasa keadilan di Maluku. “Jangan sampai anggaran Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur, lebih besar dari anggaran Maluku. Nah kalau RUU Daerah Kepulauan disahkan tentu ada kedilan negara di UU tersebut. Intinya pembagian anggaran pusat di delapan daerah kepulauan termasuk Maluku ada keadilan,,”tandasnya.

Untuk itu, dia berharap, Kongres HMI tak hanya membicarakan kepentingan orgsnisasi HMI, namun kepentigan Maluku dipusat juga menjadi perhatian serius. “ HMI harus mendukung RUU itu agar ada rasa keadilan bagi daerah daerah kepulauan. Apalagi HMI adalah organisasi kemahasiswaan yang lama dan menciptakan pemimpin.  HMI tersebar diseluruh perguruan tinggi di Indonesia. Ini karena bangsa ini menghadapi berbagai persoalan,”sebutnya.

 Karenanya, harap dia, HMI setidaknya mengambil peran untuk memperjuangkan daerah kepulauan. Dia mengaku, diminta menjadi pembicara di kongres HMI. “Nah disitu saya akan sampaikan agar ada peranan HMI. Ini keadilan negara dalam RUU ini. Sehingga semua pihak termasuk HMI mendukung dan mensuport,”ingatnya. (KTM)

BERITA LAINNYA

Korupsi Panwaslu Buru “Naik Kelas”

Jumat, 13 April 2018, 01:14 WIB

MI Disambut Meriah di Banda

Jumat, 13 April 2018, 01:14 WIB

Oknum Rohaniawan Bejat Jadi Tersangka

Jumat, 13 April 2018, 01:14 WIB

Gubernur Ijinkan Polisi Periksa Jimmy Sitanala

Jumat, 13 April 2018, 01:14 WIB

Utut Adianto Bakal Perjuangkan Anggaran Maluku

Jumat, 13 April 2018, 01:14 WIB