Menu
Selasa, 20 Pebruari 2018

Selamat Datang Mr Presiden

Selasa, 13 Pebruari 2018, 23:28 WIButama
IST

AMBON-Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke-30 secara resmi akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo, di Auditorium Universitas Pattimura Ambon, Rabu (14/2) pagi ini.

Acara pembukaan kongres tersebut  bakal dihadiri oleh sekitar 2.000 tamu undangan termasuk para peserta kongres yang datang dari seluruh indonesia. Sesuai jadwal pembukaan Kongres HMI sekaligus pembukaan Dies Natalis HMI ke-71 akan berlangsung pada pukul 09.00 WIT. 

Presiden bersama rombonghan sendiri telah tiba di Kota Ambon dengan menggunakan pesawat kepresidenen pada Selasa malam pukul 20.35 WIT.

Selain Presiden, hadir juga Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan dan Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang. Tak hanya pimpinan lembaga tinggi negara, sejumlah menteri kabinet juga dijadwalkan menghadiri acara pembukaan Kongres HMI di Kota Ambon.

Ketua Panitia Nasional Kongres HMI, Fauzi Marasabessy mengatakan, saat ini seluruh peserta Kongres dan Musyawarah Nasional Kohati (Munasko) yang berjumlah 1.501 orang telah tiba di Kota Ambon dan telah ditempatkan disejumlah hotel.

“Seluruh peserta Kongres dan Munasko telah tiba di Ambon dan besok (hari ini) akan menghadiri acara pembukaan,”kata Fauzi, Selasa (13/2).

Dia mengatakan, sesuai agenda yang diterima, sebelum dibuka secara resmi oleh Presiden, Ketua Umum PB HMI, Mulyadi P Tamsir akan menyampaikan laporannya terlebih dahulu, selanjutnya sambutan Gubernur Maluku, dan terakhir sambutan Presiden Joko Widodo sekaligus membuka secara resmi Kongres HMI.

 “Jadi susunan acaranya itu, setelah menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Hymne HMI, kemudian pembacaan ayat suci Al-Quran, selanjutnya laporan Ketua Umum PB HMI, lalu sambutan Gubernur Maluku selanjutnya pembukaan Kongres HMI secara resmi oleh Bapak Presiden,”ungkapnya.

Menurut Fauzi, setelah pembukaan Kongres HMI oleh Presiden, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dan Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang akan menyampaikan stadium general dihadapan ribuan kader HMI dan para undangan.

Ketua MPR akan membawakan materi stadium general dengan tema ‘Meneguhkan Kebangsaan, Mewujudkan Indonesia Berkeadilan’, sementara Ketua DPR akan membawakan materi ‘Membangun Sistem Demokrasi yang Berkeadilan. Adapun Ketua DPD akan membawakan materi ‘Pemerataan Pembangunan Daerah Sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia yang Berkeadilan’.

“Jadi nanti selepas acara pembukaan, Ketua MPR RI, Ketua DPR RI dan Ketua DPD RI akan membawakan materi dalam stadium general,”katanya.

Selanjutnya lanjut Fauzi, Menteri Energi Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan juga akan menyampaikan materinya dalam stadium general sesi kedua dengan mengupas masalah enerigi di Indonesia khususnya di Maluku.

“Pak Menteri Jonan akan membawakan memaparkan materi dengan tema “pemanfaatan Energi untuk keadilan rakyat, studi blok Masela,”ungkapnya.

Dihari yang sama Menteri Perdagangan RI, Airlangga Hartarto juga akan membawakan materinya dalam acara seminar dengan tema ‘Kebijakan perindustrian yang berpihak pada pemerataan ekonomi. Kemudian Menteri Sosial, Idrus Marham akan membawakan materi dalam acara seminar dengan tema ‘Mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

“Ketua Umum HIPMI, Bahlil Lahadalia  juga akan membawakan materi dalam acara seminar nanti, materinya itu soal peran generasi muda dalam membangun ekonomi yang berkeadilan,”katanya. 

Dari agenda yang diterima Kabar Timur, setelah membuka Kongres HMI Presiden berserta rombongan langsung menuju Menuju Desa Waimital, Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat dengan heliped milik TNI AU untuk meninjau Program Padat Karya di desa tersebut. Di desa Waimital, Presiden juga akan menyerahkan bantuan  Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP), sebanyak 2.500 warga di desa tersebut.

Selanjutnya Presiden akan bertolak menuju Desa Hatu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah  untuk menyerahkan sertifikat tanah kepada 12 perwakilan warga yang ada di desa tersebut. Dalam kunjungan itu, Presiden akan didampingi oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan A Djalil.

Setelah penyerahan sertifikat tersebut, Presiden dan rombongan kemudian bergegeas menuju Bandara Pattimura Ambon dan bertolak menuju Makassar. (MG6)

BERITA LAINNYA

Maluku Protes Saham Blok Masela Dibagi ke NTT

Senin, 19 Pebruari 2018, 23:36 WIB

Satu Pria “Bertopeng” Ditembak Polisi

Senin, 19 Pebruari 2018, 23:36 WIB

Ada Pembiaran di Gunung Botak

Senin, 19 Pebruari 2018, 23:36 WIB

PDIP Maluku “Pecah” Tiga Kubu

Senin, 19 Pebruari 2018, 23:36 WIB

Novum Perkara Darmo 51, Tidak Ada Markup

Senin, 19 Pebruari 2018, 23:36 WIB