Menu
Sabtu, 26 Mei 2018
IST

KABARTIMUR.co.id,AMBON - Ketua Umum DPP Hanura Maluku, Oesman Sapta Odang (OSO) memerintahkan DPD Hanura Maluku, agar segera mengusulkan Pergantian Antar Waktu (PAW), Ayu Hasanussy  dari anggota DPRD Maluku.

“Pergantian itu segera. Kita ganti. Apalagi tidak patuh terhadap perintah partai, ‘’tegas OSO kepada sejumlah wartawan usai menghadiri kongres HMI di Kota Ambon, kemarin.

Dia berharap, DPD Hanura Maluku, segera memproses PAW Hasanussy dengan mengulkan PAW ke DPP Hanura. Selanjutnya, pengusulan PAW diteruskan kepada sekretarias DPRD Maluku. “Pengusulan PAW, segera mungkin. Khan ada mekanisme PAW-nya. Melalui daerah, usulkan kepadap pusat. Pusat kemudian mempertimbangkan apakah layak untuk di PAW atau tidak,’’paparnya. 

Apalagi, ingat dia, tidak mesti keputusan daerah diikuti oleh DPP Hanura. Namun, ingat dia, jika usulan PAW Hasanussy memenuhi syarat akan disetujui pihaknya ‘’Tapi, kalau benar membutuhkan satu pertangungjawaban yang bisa menunjang kepentingan partai, kita harus mengikuti kepentingan daerah (PAW),’’terangnya.

Untuk itu, dia berharap, pergantian atau rotasi anggota dewan dari Hanura, merupakan persoalan biasa dan butuh penyegaran. “Bisa saja. Akan kita rotasi, putar. Tempat-tempat strategis harus ditempati orang-orang yang mengerti dan bisa membela kepentingan organisasi partai di dewan,’’jelasnya. 

Soal alasan Hasanussy diganti dari ketua fraksi Hanura dan anggota DPRD Maluku, ketua DPD RI itu mengaku, kesalahan Hasanussy sangat fatal. Dia (Hasanussy) tidak  mengikuti perintah organisasi dan tidak loyal kepada orgnisasi. Dia melakukan pelanggaran keras yang tidak bisa diampuni. Tidak ada ruang lagi. Sangat fatal itu,’’tandasnya.

Tak hanya itu, ketika disinggung, sejumlah anggota Fraksi Hanura DPRD Maluku, yang belum menyatakan sikap resmi bergabung dengan DPD Hanura Maluku dibawah kepemimpinan Yasin Payapo, dia menegskan: “Itu nanti urusan DPD hanura Maluku baru. Nanti laporkan kepada saya, baru saya mengambil keputusan. Tidak mungkin tiba-tiba mengganti mereka. Nanti saya tahu masalahnya seperti apa,’’ingatnya.

Ketika disinggung aset partai seperti dua mobil dan sejumlah aset lainnya yang masih dikuasai Hasanussy, OSO menegaskan, sejumlah aset partai segera dikembalikan. “Ngak-ngak. Harus dikembalikan. Ambil saja. Itu milik kita,’’tegasnya.

Dia berharap, jika Hasanussy dan kroni-kroninya tak kunjung menyerahkan asert partai, dia setuju pihak kepolisian dilibatkan dalam penarikan aset partai. “Ya kordinasi dengan pihak kepolisian. Jangan tunggu lama,’’imbuhnya. 

Disisi lain, informasi yang diterima Kabar Timur menyebutkan, DPD Hanura Maluku, telah menyurati DPRD Maluku untuk mengusulkan pergantian ketua Fraksi Hanura DPRD Maluku. Julius Pattipeilihu diusulkan menggantikan Hasanussy. Tak hanya itu, pihak DPRD Maluku, juga berencana menggelar rapat paripurna untuk mengumumkan ketua fraksi baru.

“Informasinya ketika rapat paripurna, Senin 19/2) akan diumumkan ketua fraksi Hanura yang baru. Pak Pattipeiluhu juga sudah memerkenalkan diri di pak OSO dan petinggi partai lainnya kalau bakal menjabat ketua fraksi,’’kata sumber Kabar Timur, kemarin.

Sekedar tahu, pertengahan Januari 2018 lalu, sejumlah DPD Hanura bersama DPP Hanura yang di kordinir oleh Sekjen DPP Hanura, Syarifudin Suding, sepakat memecat OSO dari ketua umum Hanura.  Hanya saja, ditengah kesiapan untuk menggelar Munaslub, Menkumham telah mengeluarkan SK kepengurusan OSO. 

Kendati begitu, pihak Suding tetap menggelar Munaslub. Hasanussy yang sebelumnya menyatakan telah memecat OSO, OSO kemudian memecat Hasanussy melalui penunjukan pelaksana tugas ketua DPD Hanura Maluku. Plt ketua DPD Hanura Maluku kemudian menggelar Musdalub. 

Hasilnya, Yasin Payapo terpilih menjabat ketua DPD Hanura Maluku. Atas dasar itu, KPU kemudian melakukan verfikasi faktual kepada kepengurusan OSO dari pusat hingga kabupaten/kota, berdasarkan data sipol yang masuk dilembaga penyelenggara pemilu itu.(KTM)

BERITA LAINNYA

Ini Jadwal Mudik Lebaran Gratis di Maluku

Sabtu, 26 Mei 2018, 00:26 WIB

Dihadang, Demo HMI Sempat Ricuh

Sabtu, 26 Mei 2018, 00:26 WIB

Dua Spesialis Jambret di Ambon Ditangkap

Sabtu, 26 Mei 2018, 00:26 WIB

PDIP Malra Konsolidasi, Gelar Raker Diperluas

Sabtu, 26 Mei 2018, 00:26 WIB