Menu
Sabtu, 26 Mei 2018
IST

KABARTIMUR.co.id,MASOHI-Ratusan rumah warga tiga desa, di Kecamatam Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), diterjang banjir bandang, Senin (12/03) pukul 14.18 WIT, kemarin.

Banjir air bah yang menggenangi ratusan rumah tersebar di tiga negeri masing-masing, Negeri Kobisonta, Wonosari, Seti dan UPT Seti Bhakti. Banjir tersebut disebabkan meluapnya air sungai Kobi di daerah itu.

Kepala Pemerintahan Negeri (KPN) Kobisonta, Slamet Riady mengungkapan, banjir mulai  menerjang ketiga wilayah itu, sejak siang dan puncaknya, pukul 20.00 Wit, tadi malam.

“Banjir dari siang, pukul 14.18. WIT.  Air mulai meluap dari sungai. Puncaknya sekitar pukul 20.00. WIT,  malam (tadi malam). Sampai saat ini air masih naik ke pemukiman warga,” ungkapnya kepada Kabar Timur, via telepon selulernya, tadi malam.

Akibat banjir itu, lanjut dia,  sekitar 20 persen warganya terkena dampak banjir. Sedangkan Desa Wonosari terdapat 50 KK, Desa Seti dUPT Seti Bakti yang terdapat ratusan rumah juga secara keseluruhan terendam banjir. Bahkan, tambah dia,  sekolah yang terdapat di desa itu juga tidak luput direndam banjir. 

Dikatakan, saat ini warga yang terkena dampak banjir badang tersebut tengah mengungsi ke desa tetangga untuk menyelamatkan diri. “Siang tadi warga turun ke sawah menyelamatkan karung yang berisi padi dan gabah,” ungkapnya.

Dia berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah untuk segera memberikan bantuan dan menyelamatkan warga yang tekena dampak korban banjir itu. “Ya kami minta Pemerintah segera buat tanggul, untuk mengamankan tiga  negeri dan 1 UPT di Seram Utara Kobi ini, dari bahaya banjir yang saban tahun menyerang mereka,” imbau dia  (CR5)

BERITA LAINNYA

Ini Jadwal Mudik Lebaran Gratis di Maluku

Sabtu, 26 Mei 2018, 00:26 WIB

Dihadang, Demo HMI Sempat Ricuh

Sabtu, 26 Mei 2018, 00:26 WIB

Dua Spesialis Jambret di Ambon Ditangkap

Sabtu, 26 Mei 2018, 00:26 WIB

PDIP Malra Konsolidasi, Gelar Raker Diperluas

Sabtu, 26 Mei 2018, 00:26 WIB