Menu
Sabtu, 26 Mei 2018
ILUSTRASI

KABARTIMUR.co.id,AMBON – Dinas Kesehatan Provinsi Maluku mengaku telah menurunkan tim gabungan mengatasi wabah demam berdarah (DBD) yang merenggut korban jiwa di Pulau Hatta, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Meykal Pontoh melalui Kepala Bagian Humas Maluku, Bobby Palapia memastikan wabah DBD di daerah wisata itu telah ditangani Dinas Kesehatan Maluku dan Kabupaten Maluku Tengah sejak sebulan lalu. 

Dinkes juga telah melakukan langkah penanganan di lokasi tempat wabah DBD menyerang korban. “Kejadian (DBD menyerang warga) sejak sebulan lalu. Sudah diambil langkah-langkah,” kata Palapia kepada Kabar Timur di Ambon, Senin (12/3).

Langkah pertama, Dinkes Maluku dan Malteng telah turun ke Pulau Hatta melakukan pemeriksaan epidemiologi dengan mencari jentik-jentik nyamuk, dan dilakukan penyemprotan.

Langkah kedua, pembersihan lingkungan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang upaya-upaya pencegahan DBD. “Pembersihan lingkungan, sosialisasi ke masyarakat tentang upaya pencegahannya dan mengobati yang sakit sudah dilakukan,” aku Palapia.

Sebelumnya, diberitakan DBD terjadi lebih tiga bulan menyerang warga di Pulau Hatta. Tercatat dua orang meninggal akibat DBD dan beberapa lain dievakusi ke Ambon, termasuk tiga turis mancanegara harus pulang ke Jakarta karena terserang DBD.

“Sudah dua orang yang meninggal. Satu diantaranya saudara saya,” ungkap Gugun warga Banda kepada Kabar Timur, Sabtu (10/3). 

Diserang wabah DBD, Pulau Hatta yang dikenal sebagai destinasi wisata mulai ditinggalkan wisatawan. “Turis sekarang takut ke Pulau Hatta karena DBD itu,” kata Gugun. 

Ironisnya, meski telah ada korban meninggal akibat DBD, kata dia, belum ada tindakan serius dari Dinkes Malteng. Dia berharap penanganan terhadap DBD di Pulau Hatta segera dilakukan agar tidak menghambat sektor pariwisata di Banda. (RUZ)

BERITA LAINNYA

Ini Jadwal Mudik Lebaran Gratis di Maluku

Sabtu, 26 Mei 2018, 00:26 WIB

Dihadang, Demo HMI Sempat Ricuh

Sabtu, 26 Mei 2018, 00:26 WIB

Dua Spesialis Jambret di Ambon Ditangkap

Sabtu, 26 Mei 2018, 00:26 WIB

PDIP Malra Konsolidasi, Gelar Raker Diperluas

Sabtu, 26 Mei 2018, 00:26 WIB