Menu
Sabtu, 23 Juni 2018
IST

KABARTIMUR.co.id,AMBON-Juru bicara paslon dengan akronim SANTUN, Haerudin Tuarita menandaskan jualan politik berupa isu keamanan bukan lagi hal yang utama menghadapi Pilgub Maluku 2018. Tapi percepatan pembangunan yang harus diwujudkan. Dalam putaran kampanye di Zone Satu lalu, pemilih dijanjikan kualitas pendidikan dan kesehatan yang lebih baik, juga pengembangan sektor pariwisata untuk mendongkrak perekonomian rakyat.

Haerudin juga mengklaim peluang kemenangan yang makin terlihat untuk Said Assagaff-Anderias Rentanubun. Itu terukur dari animo masyarakat di Zone Satu, dengan basis pemilih “gemuk” di Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), dan Seram Bagian Barat (SBB) dalam putaran kampanye tim SANTUN beberapa hari ini.

Keyakinan tim pemenangan, diakui tetap  berlandaskan hasil survei pasangan Said Assagaff-Anderias Rentanubun. Tapi parameter-parameter lapangan, yaitu kuatnya soliditas Parpol pengusung dan tim relawan.

Terlihat selama kampanye di zone utama dimasksud, respon basis pemilih tetap pada Assagaff dan Rentanubun. Antusiasme tim paslon, semakin tinggi dengan solidnya infrastruktur maupun suprastruktur yang dimiliki Golkar, Demokrat dan PKS sebagai Parpol pengusung di zone tersebut.

“Memang kekuatan kita merata di semua wilayah. Tapi tentu ada wilayah-wilayah yang besar dan gemuk dari sisi jumlah pemilih. Yaitu Kota Ambon, Malteng dan SBB. Di wilayah ini, tim tetap solid. Kami yakin mampu memenangkan SANTUN,” ujar Haerudin kepada Kabar Timur, melalui telepon seluler, tadi malam.

Menurutnya, kekuatan petahana tak terbantahkan dari bukti-bukti di lapangan selama putaran kampanye dimaksud. Dari kampanye dialogis yang dilakukan, animo masyarakat untuk kembali mendukung semakin terlihat.

Diungkapkan, dua hari lalu, Said Assagaff-Anderias Rentanubun dan tim pemenangannya menggelar putaran kampanye di Zone Satu, tepatnya desa Tehoru, Wolu, Haya dan Tehua, Kabupaten Malteng. “Di desa-desa ini, masyarakat masih ingin Said Assagaff sebagai kepala daerah, itu parameternya,” cetus Haerudin.

Apalagi dalam kampanye, pendekatan politik yang dipakai untuk meraih dukungan pemilih, adalah visi misi, program-program yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat. Yakni, Kesehatan, Pendidikan dan Pariwisata di wilayah ini.

Menurutnya, tim paslon SANTUN tinggal melakukan percepatan pembangunan di periode  berikut. Sehingga keamanan bukan lagi isu politik, karena hal itu telah berhasil diwujudkan oleh Assagaff di periode sebelumnya. 

“Kita tidak lagi kembangkan isu-isu politik, seperti keamanan itu. Yang dikembangkan adalah visi misi, bagaimana akselerasi atau percepatan pembangunan di periode berikut,” akui dia.

Setelah Zone Satu, mulai hari ini tim paslon SANTUN selanjutnya akan mempersiapkan putaran kampanye di Zone berikutnya, yakni Kabupaten Kepulauan Aru, MTB dan MBD. Di zone itu, tim paslon tetap mempunyai optimisme yang sama, memenangkan Said Assagaff-Anderias Rentanubun.

Dikonfirmasi soal turunnya soliditas tim relawan SANTUN, Haerudin membantah. Relawan yang dimotori AT Community tetap solid, bahkan semakin militansi untuk memenangkan kedua kandidat kepala daerah. “Biasalah, dalam Pilkada selalu ada opini-opini yang dimainkan oleh kubu lawan, untuk memperlemah figur yang lain,” ujarnya.(KTA)

BERITA LAINNYA

Desak BK “Adili’’ Huwae & RR

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Usut Repo Fiktif, Kejati Dinilai Asal-Asalan

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Tiga Tahun Beruntun Malra Raih WTP

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Sering Mati Lampu, PMKRI Demo PLN

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Kades-Bendahara Jadi Terdakwa

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Tiga Warga Debut Tewas Dibunuh

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB