Menu
Rabu, 25 April 2018
Ilustrasi

KABARTIMUR.co.id,AMBON- INPEX, perusahaan Jepang yang menjadi operator eksplorasi, pengembangan migas Blok Masela, kembali menggulirkan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi dari keluarga ekonomi lemah di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).

Siaran pers INPEX yang diterima Antara, Rabu, menyebutkan, pemberian beasiswa itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU - Memorandum of Understanding) antara pimpinan INPEX yang diwakili oleh Puri Minari (Land Acquistion and Social Performance) dan Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Rumpun Lelemuku Saumlaki (YPT-RLS), Polikarpus Lalamafu.

“Seperti yang sudah kita lakukan sejak tiga tahun silam, kemarin kami kembali menandatangani program beasiswa INPEX Masela dengan pimpinan YPT-RLS yang akan dilanjutkan untuk tahun akademik 2017-2018,” kata Puri Minari.

Ia menyatakan tiga perguruan tinggi milik YPT-RLS yakni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Saumlaki (STIESA), Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Saumlaki (STIAS) serta

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki (STKIPS) menjadi penerima tunggal dari program beasiswa INPEX Masela.

“Semenjak tahun pertama atau tepatnya di tahun akademik 2014-2015, INPEX Masela sudah memberikan sedikitnya beasiswa kepada 311 mahasiswa YPT-RLS. Mereka terdiri dari 302 penerima beasiswa akademik dan 9 untuk bantuan beasiswa penyusunan skripsi,” katanya.

Hal itu, kata Puri, menunjukan bahwa INPEX sangat peduli, berkomitmen dan mendukung upaya Pemerintah Daerah Kabupaten MTB untuk meningkatkan aksesibilitas layanan pendidikan berkualitas yang merata dan terjangkau, melalui peningkatan ketersediaan dan kualitas pendidikan secara merata dalam rangka membentuk SDM yang cerdas, bermartabat dan unggul.

“Singkat kata, INPEX Masela tidak ingin melihat generasi muda Tanimbar kalah bersaing dengan sumber daya manusia di daerah lain nanti pada saat INPEX beroperasi,” katanya.

Puri menambahkan, setelah berunding dan melakukan diskusi intensif dengan pihak YPT-RLS, maka untuk tahun akademik 2017-2018 INPEX Masela membagikan 75 alokasi beasiwa untuk 60 beasiswa pendidikan dan 15 beasiswa bantuan penyusunan skripsi.

Beasiswa itu diperuntukkan terutama kepada mahasiswa yang berprestasi namun kemampuan ekonominya terbatas dan membutuhkan perhatian.

Total nilai alokasi anggaran beasiswa tahun ini untuk YPT-RLS meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja, karena ada peningkatan biaya-biaya terutama untuk biaya administrasi, maka jumlah alokasi beasiswa menjadi berkurang dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Namun demikian, total beasiswa tersebut dipastikan sudah mencakup seluruh kebutuhan biaya untuk satu tahun penuh, sehingga dapat dipastikan tidak akan ada lagi dana tambahan yang harus dipersiapkan oleh adik-adik penerima beasiswa.

Mahasiswa skripsi menerima beasiswa sebesar Rp.4 juta per tahun, sementara kategori biaya pendidikan yang diterima setiap mahasiswa sebesar Rp3.700.000 per tahun. Sesuai rencana, INPEX juga akan memberikan Beasiswa yang sama untuk mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon dalam waktu dekat.
(AN/KT)

BERITA LAINNYA

Bendera RMS Ditemukan di Pantai Hulaliu

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB

Tim Reskrimsus Geledah Kantor Bupati Buru

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB

Hari Ini KPU Tetapkan DPT Pilgub

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB

Divonis 5 Tahun, Narapidana Dirawat di RSJ

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB

Bos “Remaja Indah” Dihukum Bayar Pesangon

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB

Ini Tiga Kabupaten Penunggak Raskin Terbesar

Rabu, 25 April 2018, 00:49 WIB