Menu
Sabtu, 23 Juni 2018
ist

KABARTIMUR.co.id,AMBON - Logistik Pilkada Maluku tiba di Kota Ambon, Minggu (27/5) malam. Logistik Pilkada tersimpan dalam kontainer diangkut dengan menggunakan KM Ngapulu dari Surabaya.

Pembukaan segel kontainer di­saksikan oleh Koordinator Divisi Ke­uangan dan Logistik KPU Pro­vinsi Maluku, Iriane Pontoh, Ko­misioner Bawaslu Maluku, Paulus Titaley dan Kapolres Ambon, AKBP Sutrisno Hadi Santoso di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon. Ketua KPU Maluku Syamsul Rivan Kubangun terlihat hadir melihat logistik Pilgub yang diturunkan dari kapal milik PT Pelni itu. Tiba di pelabuhan, logistik dijaga ketat aparat keamanan.

Iriane Pontoh menjelaskan, logistik yang diangkut KM Ngapulu untuk kebutuhan Pilkada gubernur dan wakil gubernur pada 27 Juni 20178. “Ini logistik khusus untuk Pilkada Maluku, Pilkada Kota Tual dan Malra pengadaan oleh mereka (KPU) sendiri,” jelasnya di Pelabuhan Yos Sudarso, tadi malam.

Jumlah surat suara Pilgub yang didatangkan sebanyak 1.179.000 surat suara plus 2.000 surat suara tambahan (pemungutan suara ulang).

Kata dia, khusus bilik dan kotak suara akan didistribusuikan ke kabupaten Kepulauan Aru. Sementara, logistik surat suara untuk Kota Ambon, Maluku Tengah, SBB, SBT, Buru dan Bursel langsung diangkut ke atas truk. Untuk Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual dan Kepukauan Aru, logistik Pilgub kembali dinaikkan ke kapal untuk diangkut. KM Ngapulu akan menyinggahi pelabuhan Tual dan Dobo, Aru.

“Semua surat suara dalam satu kontainer untuk semua kabupaten/kota di Maluku. Delapan kabupaten kota diturunkan di Ambon. Tual, Malra dan Aru lanjut dengan kapal yang sama mengingat waktu, (surat suara) tidak bisa dipilah-pilah disini,” ujar Pontoh.

Logistik Pilkada untuk 8 kabupaten/Kota yang diturunkan di Ambon diangkut truk disimpan sementara di KPU Maluku disortir sebelum didistribusikan ke masing-masing kabupaten/kota.

“Yang satu truk itu dilanjutkan ke KPU dengan pengawalan. Itu satu-satunya cara yang ditempuh karena lebih aman. Kemudian dipilah dan distribusikan ke delapan kabupaten. Kita rencanakan besok (Senin) sudah bisa didistribusikan ke 8 kabupaten/kota, secepatnya lebih baik,” ujarnya.

Sementara logistik bilik dan kotak suara untuk Pilkada Maluku kata, Pontoh akan tiba di Ambon sepekan lagi. (RUZ)

BERITA LAINNYA

Desak BK “Adili’’ Huwae & RR

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Usut Repo Fiktif, Kejati Dinilai Asal-Asalan

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Tiga Tahun Beruntun Malra Raih WTP

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Sering Mati Lampu, PMKRI Demo PLN

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Kades-Bendahara Jadi Terdakwa

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB

Tiga Warga Debut Tewas Dibunuh

Rabu, 30 Mei 2018, 00:22 WIB