Menu
Selasa, 20 Pebruari 2018
IST

KABARTIMUR.ci.id,AMBON-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Sabtu hari ini, memutuskan sidang gugatan pasangan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT). Badan pengawas pemilu itu berjanji memutuskan sengketa Pilkada itu, sesuai aturan main.

Ketua Bawaslu Maluku, Abdullah Ely mengatakan, pihaknya akan membacakan putusan, setelah melewati proses persidangan beberapa waktu lalu. “Sidang dengan agenda pembacaan putusan di pusatkan dikantor Bawaslu Maluku, besok (hari ini),’’kata Ely ketika dihubungi Kabar Timur, kemarin.

Dia mengigatkan, pihaknya memutuskan sengketa Pilkada itu sesuai ketentuan yang berlaku.’’ Apapun keputusanya nanti, itu adalah keputusan yang sah dan sesuai dengan pedoman. Putusan yang akan dibacakan itu tidak bisa teranulir atau diintervensi pihak luar. Itu keputusan murni,” terangnya.

Soal peluang HEBAT diloloskan menjadi peserta Pilgub, dia enggan membeberkan peluang pasangan tersebut.’’Pokoknya, kita tunggu sama-sama sampai keputusan itu dibacakan secara resmi,” ingatnya.

Kendati begitu, ketika disinggung gugatan HEBAT, karena proses penghitungan sepihak dukungan E-KTP, oleh KPU Maluku,  dia mengaku, HEBAT mengikuti proses di KPU sesuai aturan main.’’ “Sejak awal dimasukannya gugatan keberatan sengketa itu,  mereka juga sudah melengkapi persyaratan formal dan materil yang kurang. Itu berarti semua proses yang dilakukan sampai saat ini sangat berjalan lancar,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Komisi A DPRD Maluku, Melki Frans berharap, Bawaslu memutuskan sengketa Pilkada, sesuai aturan main.’’Saya minta Bawaslu memutuskan sengketa Pilkada seadil-adilnya. Saya minta kebenaran ditegakan. Nah, kalau ada kesalahan silakan dihitung ulang,’’ingatnya.

Kendati begitu, dia mengigatkan, jika persyaratan dukungan HEBAT, tidak memenuhi syarat, bawaslu tidak segan-segan memutuskan pasnagan itu tidak memenuhi syarat lewat jalur perseorangan.’’Kalau tidak memenuhi syarat jangan takut diputuskan. Yang penting berpedoman pada aturan,’’ingatnya.

Tujuanya, sebut dia, agar lembaga pengawas itu tidak disoroti karena putusanya.’’Jangan sampai ada tudingan ada intervensi atau sorong sana sorong sini. Putuskan sesuai fakta persidangan,’’pungkasnya

Sementara itu, Ketua KPU Maluku, Rivai Kubangun dan anggota KPU Maluku, La Alwi, ketika dihubungi terkait rencana putusan Bawaslu terhadap gugatan HEBAT, tak merespon panggilan Kabar Timur melalui telepon seluler.

Sementara itu, ketua tim relawan HEBAT Michael Paliama mengatakan, pihaknya sangat optimis HEBAT diputuskan menjadi peserta Pemilihan gubernur Maluku 2018 mendatang.“Dengan sejumlah alat bukti kuat yang dimiliki HEBAT, dan melewati proses persidangan, kami sangat yakin HEBAT akan lolos,” jelasnya.

Untuk itu, dia berharap, Bawaslu memutuskan sengketa Pilkada itu sesuai aturan main dan seadil-adilnya tanpa campur tangan pihak lain.’’ “Bawaslu harus putuskan nasib HEBAT, sesuai dengan peraturan dan norma-norma yang berlaku. Saya yakin pikir Bawaslu tetap berdiri pada komitmenya yang berpedoman amanat peraturan dan undang-undang,” paparnya. (Mg5/KTM)

BERITA LAINNYA

Maluku Protes Saham Blok Masela Dibagi ke NTT

Senin, 19 Pebruari 2018, 23:36 WIB

Satu Pria “Bertopeng” Ditembak Polisi

Senin, 19 Pebruari 2018, 23:36 WIB

Ada Pembiaran di Gunung Botak

Senin, 19 Pebruari 2018, 23:36 WIB

PDIP Maluku “Pecah” Tiga Kubu

Senin, 19 Pebruari 2018, 23:36 WIB

Novum Perkara Darmo 51, Tidak Ada Markup

Senin, 19 Pebruari 2018, 23:36 WIB